Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Belum ada Satupun Calon Independen yang Mendaftar di KPU Pessel

Dibaca : 222

Pesisir Selatan,Prokabar — Pilkada serentak di helat pada 23 September 2020, hingga kini belum satupun dari bakal calon (balon) independen yang mendapaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Pessel, Yon Baiki mengatakan, sejak dibukanya pengunguman, hingga kini belum ada yang menghubungi KPU, dan meminta pasword dan username sistem informasi pencalonan (Silon).

“Hingga kini belum ada, baik dari bakal calon independen maupun LO yang datang. Padahal, untuk syarat dukungan jalur independen sudah diumumkan sejak 26 Desember tahun lalu, “ujarnya para wartawan di Painan Senin (17/2).

Ia menjelaskan, untuk pendaftaran, sesuai aturan Pilkada 2020, para bakal calon yang ikut jalur independen, harus melalui tahapan yang telah ditetapkan. Selain, menyerahkan syarat dukungan, bakal calon juga harus mengisi atau memasukkan data dukungan ke Silon yang telah disediakan KPU.

“Karena, syarat dukungan itu, di entri ke Silon. Setelah dari Silon offline itu diprint, dan keluarlah B11 KWK, dan file KWK itu diantar saat penyerahan syarat dukungan. Nah, sampai saat ini masih belum ada, “ujarnya lagi.

Menurutnya, untuk syarat dukungan maju melalui jalur independen di Pessel sendiri, bakal calon harus memenuhi syarat dukungan 28.158 dari 331 daftar pemilih tetap (DPT). Dan, syarat 28.158 tersebut harus tersebar di delapan kecamatan, artinya lebih dari 50 persen yang ada di daerah itu.

“Walaupun demikian, kami tetap siap untuk segala kemungkinan. Jika, ada yang datang meminta Silon jelang penyerahan sayarat dukungan ini, kami layani. Tentunya, harus sesuai dengan aturan dan tahapan yang telah dijadwalkan, “ungkapnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top