Daerah

Begini Cara SDN 01 Maninjau Agar Siap Siaga Bencana

Maninjau, Prokabar – 178 orang murid dan guru SD Negeri 01 Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengikuti latihan Simulasi Evakuasi Mandiri, Jumat (22/3). Pembinaan spontanitas dari Tim BPBD Agam tersebut bertujuan agar siswa dan guru mampu mengantisipasi serta siaga menghadapi bencana gempa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi mengatakan kegiatan tersebut sangat penting dilakukan. Mengingat daerah rentan bencana, setiap sekolah diharuskan memiliki bekal mandiri menghadapi kepekaan bencana alam. 

“Keutamaan atau perhatian terkhusus kita adalah para guru. Terutama menghadapi bencana gempa dan tanah longsor yang datang selalu mendadak dan tidak terduga,” ujarnya.

Selain itu, bencana pohon tumbang di sekitat wilayah perbukitan juga harus diwaspadai, lanjutnya.

Kepala SD Negeri 01 Maninjau, Nofrizal menyebutkan, adanya latihan simulasi terhadap siswa dan guru, menambah pengetahuan dalam menghadapi suatu bencana. “Mengambil sikap dan keputusan tepat dalam kondisi terdesak adalah suatu pelajaran yang dimiliki, apalagi saat bencana datang,” ungkapnya.

Kehadiran Tim BPBD Agam di sekolah ini lanjut Nofrizal, menambah semangat dan kepercayaan diri siswa dan guru. “Dan pengalaman tersebut menjadi bekal kita untuk selalu siap dan tawakal menghadapi bencana,” tutupnya. (rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top