Daerah

BBPOM: Takjil Pasar Pabukoan Batusangkar Aman Dikonsumsi


“takjil berbuka puasa yang dijual oleh pedagang di pasar pabukoan Batusangkar tidak ada yang mengandung zat yang berbahaya”

Dibaca : 252

 

Tanah Datar, Prokabar- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Padang menggelar razia makanan di pasar “pabukoan” Batusangkar, Selasa (27/4).

Satu persatu pedagang yang menjual menu berbuka puasa, khususnya takjil seperti cendol, es, kerupuk dan kue dibeli sebagai bahan uji laboratorium. Dari hasil uji, akan diketahui apakah penganan berbuka puasa menggunakan bahan berbahaya atau tidaknya.

Kadinkes Tanah Datar Yesrita mengatakan salah satu tujuan digelarnya razia ini untuk meminimalisir penggunaan zat berbahaya yang dicampur dalam penganan buka puasa yang dapat merusak tubuh karena mengunakan zat kimia.

” dari pagi kita bersama BBPOM di Padang melakukan pengecekan terhadap pangan di pasar Batusangkar ini. Sore hari ini, kita melakukan pengecekan terhadap penganan buka puasa ini. Untuk hasilnya, masih diperiksa petugas,” ungkap Yesrita.

Sementara itu, Zulkifli mewakili Kepala Balai Besar POM di Padang mengatakan, setidaknya pihaknya melakukan uji spesimen sebanyak 26 sampel. Dari 26 spesimen yang diperiksa itu semuanya aman untuk dikonsumsi.

Dalam arti kata, takjil berbuka puasa yang dijual oleh pedagang di pasar pabukoan Batusangkar tidak ada yang mengandung zat yang berbahaya.

” kita memeriksa takjil tadi itu sebanyak 26 sampel, 7 sampel diuji untuk mengetahui ada atau tidak kandungan borak, dan 19 untuk rhodamin, hasil pemeriksaan lab keliling kita semuanya negatif dan aman untuk dikonsumsi sebagai santapan pabukoan,” ungkapnya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top