Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bawaslu Pariaman Rekrut 178 Pengawas TPS

Dibaca : 88

Pariaman, Prokabar —Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman, Sumatera Barat merekrut 178 orang pengawas tempat pemungutan suara (TPS) guna menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat provinsi.

“Satu pengawas untuk satu TPS, dan jumlah pengawas TPS itu sudah termasuk di Lapas Pariaman,” kata Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan dilansir Prokabar dari MC Pariaman, Minggu (11/10)

Ia mengatakan proses perekrutan pengawas TPS tersebut sudah dimulai dari 3 Oktober hingga 15 Oktober 2020 yang prosesnya yaitu penyerahan berkas dan langsung wawancara.

Ia menyampaikan hingga saat ini sudah ada warga yang mendaftar untuk menjadi pengawas TPS dan diharapkan hingga 15 Oktober 2020 kebutuhan terhadap pengawas tersebut terpenuhi sehingga tidak perlu perpanjangan jadwal perekrutan.”Setelah petugas TPS ini terpilih kami akan melakukan pelatihan teknis,” katanya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya akan melaksanakan tes cepat atau rapid tes untuk pengawas tersebut yang hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Ia menjelaskan tugas utama dari pengawas tersebut mengawasi jalannya Pilkada pada hari pemilihan yaitu 9 Desember 2020 mulai dari awal pelaksanaan hingga penghitungan di TPS.

“Namun tugasnya bukan itu saja karena pengawas TPS terbentuk 23 hari sebelum hari pemilihan dan dibubarkan tujuh hari setelah hari pemilihan,” lanjut dia.

Ia mengatakan selama rentang tersebut pengawas TPS juga akan membantu Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) untuk mengawasi masa kampanye dan masa tenang.

Selain membentuk jajaran Bawaslu mulai dari Panitia Pengawas Kecamatan, PKD hingga pengawas TPS, kata Riswan pihaknya juga mengoptimalkan pengawasan partisipatif.

Hal tersebut dilakukan karena pihaknya menyadari masih kurangnya personel dari Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di daerah itu apalagi saat ini dalam masa pandemi COVID-19. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top