Daerah

Bawasalu Pasaman Akan Tertibkan APK Caleg Tak Sesuai Aturan

Pasaman, Prokabar — Partai politik (Parpol) di Pasaman, agaknya segera menertibkan sendiri Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang menyalahi aturan. Jika tak juga mengindahkan himbauan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman ini, siap-siaplah bakal diturunkan paksa.

“Kita telah menyurati pengurus Parpol agar menertibkan sendiri APK Caleg yang menyalahi aturan hingga tanggal 2 November 2018 ini. Jika tak kunjung diindahkan, bakal kami turunkan” kata Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Pasaman, Kristian, Selasa (30/10).

Selain itu, Bawaslu Pasaman juga mengintruksikan kepada seluruh Panwaslu kecamatan juga ikut mengingatkan Parpol supaya menertibkan APK ini.

“Sebaiknya para Caleg dan Parpol agar menertibkan sendiri APK nya. Sehingga tidak terjadi pelanggaran oleh peserta Pemilu” kata Kristin.

Diakui Kristin, puluhan APK baik Caleg DPR RI, provinsi dan kabupaten menjamur di sepajang jalan. Baik di jalan lintas maupun dijalan perkampungan. Ukuranya juga bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 7 meter.

Sehubungan dengan itu, sebelumnya, Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay menjelaskan, hanya peserta pemilu yang dibolehkan memasang APK. Peserta pemilu dimaksud pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPD RI, dan Parpol. Sementara calon legislatif (Caleg) tidak diperbolehkan memasang APK. (Ola)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top