Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Batang Lembang Banjir, Pemkab Solok Dirikan Dapur Umum

Dibaca : 107

Arosuka, Prokabar – Meski dilaporkan tidak ada korban jiwa, namun banjir Batang Lembang yang melanda kawasan nagari Kotobaru, Salayo dan Muaro Paneh Kabupaten Solok, setidaknya menimbulkan kerugian materil dan menganggu perekonomian masyarakat.

Guna mengantipasi terjadinya gangguan kesehatan masyarakat, pemerintah Kabupaten Solok bersama pemerintah nagari setempat telah menugaskan tim penanggulangan bencana dari

Dinas Sosial, Dinas PU, BPBD Satpol PP Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan  bersama PMI, Pemuda Pancasila, Tagana dan Organisasi lainnya.

Bupati Solok H. Gusmal melalui Asisten Koordinator Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Medison melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/1) menyebutkan, untuk penanganan Banjir yang telah berangsur surut, pihaknya telah mendirikan dapur umum pada tiga lokasi di nagari Salayo, Kotobaru dan Muaro Paneh. “Sementara bantuan yang telah disalurkan untuk tiga dapur umum tersebut berupa beras dan Sembako dari Dinas Sosial,” ujar Medison.

Dijelaskan, bantuan beras juga disalurkan untuk dapur umum dari CPP Bulog Solok masing-masing 300 Kg untuk Dapur Umum Salayo dan Koto Baru, kemudian untuk Dapur Umum Muaro Paneh 200 Kg.

Sedangkan Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Solok juga menyerahkan bantuan Sembako untuk kosumsi pada Dapur Umum.

Terkait korban jiwa, Asisten II Setdakab Solok itu memastikan tidak ada korban akibat banjir Batang Lembang. Namun disebutkan, empat orang warga terdampak banjir yang perlu penanganan kesehatan sudah dilayani petugas medis Puskesmas Salayo.”  Untuk kerusakan sarana prasarana, rumah masyarakat, lahan pertanian, termasuk masy yang kena dampak sedang kita lakukan pendataan dilapangan,” papar Medison. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top