Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Batal di Lapangan Cidua Mato, Salat Idul Adha “Digeser” ke Lapangan Gumarang. Ini Penyebabnya

Dibaca : 471

Tanah Datar, Prokabar – Jika sebelumnya pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar berencana penyelenggaraan Salat Idul Adha 1441 H akan dilaksanakan di lapangan Cindua Mato, akhirnya dipindahkan ke Lapangan Gumarang.

“Hal ini dilakukan untuk mempermudah penerapan protkol kesehatan terhadap jemaah Salat Id,” kata Kepala Bagian Kesra, Afrizon, Rabu (29/7).

“Sesuai dengan keputusan rapat PHBI dan unsur terkait lainnya tadi malam di Rumah Dinas Wabup di Malana Ponco, Insya Allah, kita akan menggelar Shalat Idul Adha di lapangan Gumarang, ini dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan protokol kesehatan bagi jamaah,” ujarnya.

Afrizon menambahkan, awalnya ada opsi untuk dilaksanakan di lapangan Cindua Mato (LCM), namun karena kondisi dan situasi masih pandemi Covid-19, LCM yang mempunyai banyak pintu masuk, dinilai riskan dan tidak bisa optimal melaksanakan protokol kesehatan.

“Sesuai aturan protokol kesehatan, nantinya jamaah yang ingin melaksanakan Shalat Id Adha di lapangan Gumarang akan diukur suhu tubuh, diwajibkan pakai masker dan jarak per shaf diatur,” ungkap Afrizon.

Dijelaskan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha agar jamaah menggunakan masker, dalam kondisi sehat, membawa sajadah, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, menghindari kontak fisik seperti bersalaman atau berpelukan, menjaga jarak antar jamaah minimal 1 meter, diimbau anak-anak dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit, serta orang dengan sakit bawaan yang berisiko tinggi terhadap Covid-19 tidak mengikuti shalat di lapangan.

Jika cuaca tidak memungkinkan, maka shalat Id akan dilaksanakan di 7 masjid di lingkup kota Batusangkar yaitu Masjid Ihsan Lantai Batu, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Taqwa Parak Juar, Masjid Amaliyah Kampung Baru, Masjid Muhammadiyah Tanah Datar, Masjid Al Faaizin Pincuran Tujuh dan Masjid Huriyah Malana.

“Jika cuaca tidak memungkin pindah ke Masjid Ihsan Lantai Batu dan 6 masjid lainnya juga sudah disiapkan khatib dan imamnya,” tutup Afrizon. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top