Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Baru Masuk Madinah, Jemaah Umrah Tanah Datar Dipulangkan Arab Saudi via Malaysia

Dibaca : 2.1K

Tanah Datar, Prokabar — Sebanyak 15 orang jemaah umrah asal Tanah Datar dipulangkan pemerintah Arab Saudi. Berdasarkan informasi dari Kemenag Tanah Datar Ke lima belas jemaah tersebut hanya bisa transit di Madinah dan kembali diterbangkan ke Indonesia.

Muhammad Al Gafari, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tanah Datar mengatakan jika ke 15 warga Tanah Datar itu berangkat melalui biro perjalanan penjuru wisata negeri. Ke 15 calon jemaah umbrah itu berangkat dengan transit di Turki dan lansung ke Madinah. Namun sesampai di Madinah, seluruh rombongan tidak diperbolehkan masuk dan hanya dipersilahkan untuk transit, kemudian diterbangkan kembali ke Indonesia.

”Mereka berangkat melewati Turki, Madinah dan Kemekah. Informasi yang didapat, di Madinah hanya transit saja, dan lansung kembali ke Malaysia dan Indonesia,” ungkap M . Al Gafari.

Terkait pemulangan itu, pihak biro perjalan akan mengatur jadwal ulang seluruh jemaah umrah yang tidak diperbolehkan masuk ke Arab Saudi.

Selain itu, sebanyak 10 jemaah umrah Tanah Datar masih menjalini ibadah umrah. Kesepuluh jemaah itu terbang ke Arab Saudi sebelum tebitnya pelarangan sementara ibadah umbrah oleh otoritas setempat.

“Yang di Arab Saudi, data yang didapat sama Amanah (biro perjalanan) ada 10 orang. Mereka sudah di Mekah,” katanya.

Sementara itu, menanggapi jumlah calon jemaah asal Tanah Datar yang dinyatakan gagal berangkat, Kemenag Tanah Datar mengaku tidak memiliki data terkait hal itu. Hal ini dikarenakan, data jemaah umrah hanya diminta satu kali setahun kepada biro travel atau perjalanan ibadah umrah yang ada di Tanah Datar.

“Kita hanya menerima laporan di kantor hanya sekali setahun. Kita minta laporan ke orang itu, hanya sekali setahun. Dan kita di Batusangkar ini tidak banyak,” ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tanah Datar Algafari.

Untuk mengetahui jumlah keseluruhan calon jemaah Umrah yang batal berangkat, M Algafari menyarankan untuk menanyakan lansung kepada biro perjalanan yang ada di Batusangkar. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top