Daerah

Baralek Gadang, Nagari Paninjauan akan Mengadakan Pekan Budaya 2021


“Paninjauan Baralek Gadang” akan dilaksanakan akhir Juni 2021

Silek Tuo Paninjauan, yang dikenal "gayuang baranak" salah satu item seni dan budaya yang masih tersimpan di Paninjauan. (foto: ist)

Dibaca : 569

Paninjauan, prokabar  – Nagari Paninjauan, Kec. X Koto,  Tanah Datar akan menggelar Pekan Budaya. Kegiatan yang bertajuk “Paninjauan Baralek Gadang” itu rencananya akan dilaksanakan bulan Juni 2021 mendatang.

Persiapan acara saat ini terus dimatangkan, dan nantinya akan digelar bersamaan dengan alek batagak penghulu yang akan diadakan. “Kita sudah menbentuk Panpel dan seksi-seksinya, sehingga kita bisa mempersiapkan acara lebih matang dan terukur.”ujar Ketua Panpel, Zulfikar, Kamis malam.

Menurutnya, ide mengadakan Pekan Budaya ini salah satunya karena Paninjauan punya potensi-potensi budaya yang layak diperkenalkan. Selain itu, ada juga nilai-nilai tradisi dan budaya yang mulai terlupakan, digali kembali.

Beberapa item acara yang sudah dirancang untuk ditampilkan di acara ini, diantaranya pentas seni, permainan anak nagari, dan beragam kreatifitas yang mengedepankan sisi-sisi budaya minangkabau. termasuk juga seni kontemporer, seperti lomba fotografi yang bertemakan alam dan budaya Paninjauan.

“Salah satu contoh, permainan anak nagari. Kini banyak yang sudah mulai hilang, dan generasi sekarang sudah tidak menemui lagi. Karena itu kita coba menampilkan lagi dalam pekan budaya nanti.”ujar Zulfikar, anak muda yang memilki bengkel seni kreatif ini.

Kemudian pentas seni juga akan menampilkan berbagai kesenian minang, yang akan ditampilkan baik oleh grup-grup seni di Paninjauan, maupun dari luar Paninjauan.

“Intinya begini, Nagari Paninjauan itu punya tradisi dan budaya Minang yang sangat kental, bagaimana kita di zaman milenial ini,  nilai-nilai yang mungkin sudah mulai agak terlupakan itu bisa dihidupkan lagi.”ujarnya kepada prokabar.

Tentunya Zulfikar ingin acara ini ada feedback-nya untuk Nagari Paninjauan, tidak hanya sekadar acara, yang kemudian hilang begitu saja.

“Yang pasti, bagi generasi muda Paninjauan khususnya semakin memahami betapa banyak dan tinggi nilai-nilai seni dan budaya yang kita miliki. Hal lain,  bisa dijadikan alat promosi wisata budaya dan promosi nagari juga tentunya.”tutupnya.

Sekadar pengetahuan, Paninjauan adalah salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan X Koto, yaitu kecamatan paling barat dari kabupaten tanah datar, yang berbatasan dengan Kabupaten Agam.

Nagari Paninjauan ini terletak di kaki Gunung Merapi dengan posisi sebagai berikut: Sebelah utara Gunung Merapi, Sebelah selatan berbatas dengan Padang Panjang, Sebelah timu berbatas dengan Nagari Andaleh, sedangka sebelah barat berbatas dengan Nagari Panyalaian.

Paninjauan berada pada kertinggian antara 700 s-d 800 meter dari permukaan laut, merupakan daerah pertanian sebagai salah satu sentra Palawija bagi Sumatera Barat dan Riau.

Dari segi sejarah, Paninjauan dulunya termasuk salah satu daerah basis perjuangan. Disana ada sebuah tanah lapang yang dulunya bernama Padang Paninjauan, yang diartikan tempat meninjau keberadaan lawan atau musuh, yang kemudian beruban sebutan menjadi Paninjauan.(mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top