Daerah

Bantu Korban Bencana, ACT Sumbar Akan Kirim Kapal Kemanusiaan

Dibaca : 244

Padang, Prokabar — Dalam rangka membantu korban bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, Lembaga Kemanusian ACT Sumbar berencana mengirim Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan.

Rencananya kapal tersebut akan mengangkut 1000 ton beras beserta bantuan pangan logistik lainnya yang dihimpun dari para dermawan.

Branch Manager ACT Sumatera Barat, Zeng Welf menjelaskan Kapal Kemanusiaan ini menjadi wujud kolaborasi masyarakat Sumbar serta perantau minang.

“Rencananya kapal ini akan bertolak dari pelabuhan Teluk Bayur sekitar tanggal 10 hingga 13 Februari,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya telah berkordinasi dan berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar, yang mana nanti Gubernur akan menyurati kepala daerah yang ada di Sumbar untuk menghimpun bantuan masyarakat di daerah masing-masing.

“Target kita 1000 Ton beras beserta bantuan pangan serta logistik, dan Insya Allah akan kita berangkatkan melalui Pelabuhan Teluk Bayur,” sambungnya.

Lebih lanjut ia memamparkan, bahwa saat di awal terjadinya bencana, ACT telah menurunkan tim untuk turut membantu dan melihat seberapa besar serta luas bencana terjadi, dampak kerusakan, korban, titik pengungsian.

“Kami telah siapkan dan aktivasi semua posko bantuan, agar sampai langsung ke masyarakat yang membutuhkan. Lalu kehadiran Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan ini akan memperkuat agenda pendistribusian bantuan yang meluas ke masyarakat terdampak,” terang Zeng Welf.

Untuk diketahui, dalam beberapa tahun belakang Kapal Kemanusiaan juga pernah mengirimkan bantuan untuk gempa Lombok, gempa Palu, musibah kelaparan di Papua bahkan bantuan ke Palestina, Rohingya hingga ke Somalia. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top