Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bank Nagari Buka Loker, Pencaker Membludak Urus AK1

Dibaca : 623

Tanah Datar, Prokabar – Dinas PMPTSP dan Naker Tanah Datar disibukan dengan warga yang hendak mengurus kartu pencari kerja AK1 atau kartu kuning. Hal ini seiring dengan dibukanya lowongan kerja oleh PT. Bank Pembangunan Daerah atau bank Nagari.

Kasi Pembinaan, Penempatan dan perluasan kerja Dinas PMPTSP dan Naker, Budi Syaputra mengatakan setiap harinya puluhan warga dari berbagai Kecamatan di Tanah Datar datang mengurus kartu pencaker di pelayanan AK1. Rata-rata, para pencaker yang hendak melamar pekerjaan akan memilih parusahaan perbankan yang tengah membuka lowongan kerja, Bank Nagari.

Data Dinas PMPTSP dan Naker mencatat, rata-rata orang yang mengurus kartu AK 1 masih berusia muda dan didominasi oleh wanita.

“Selain tamatan SMA, rata-rata yang mengurus itu masih mahasiswa aktif, atau yang tengah mengikuti perkuliahan,” ungkap Budi.

Budi meyakini, pengurusan kartu AK1 oleh para pencaker akan terus meningkat jelang ditutupnya pendaftaran oleh Bank Nagari. Sampai saat ini, jumlah kartu AK1 yang telah diterbitkan hampir mencapai 500 terbitan.

“Trendnya itu, makin naik hingga penutupan pendaftaran Bank Nagari. Kalau satu hari itu bisa puluhan, bahkan tadi saja (Senin, 13 juli 2020) pengurusan AK1 mencapai 100 orang,” tambahnya.

Budi mengimbau, bagi pencaker yang hendak mengurus AK1 agar dapat menyiapkan berkas lengkap sebelum datang ke kantor PMPTSP dan Naker. Hal ini juga mengingat agar pencaker tidak berulang kali datang karena berkas yang tidak lengkap.

“Imbuan kami agar pencaker melengkapi persyaratan. Selain tidak datang berulang-ulang, pencaker juga bisa dilayani secara cepat dan siap dalam jangka waktu setengah jam,” ujarnya.

Untuk lebih lengkap, syarat pengurusan AK1 bisa dilihat oleh pencaker di masing-masing Nagari.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top