Peristiwa

Banjir dan Longsor Kembali Melanda Sejumlah Titik di Agam

Agam, Prokabar – Curah hujan yang cukup tinggi, kembali memicu bencana sejumlah titik di Kabupaten Agam, Selasa (11/06). Bencana pertama, kembali meluapnya aliran anak sungai di Masjid Istigfar di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam setinggi 10 hingga 30 centimeter di halaman dan teras masjid.

“Kejadian ini yang ketiga kalinya di Masjid Istigfar. Dan bila hujan kembali menghujani daerah tersebut, dimungkinkan akan kembali terjadi lagi banjir dan luapan air hulu sungai yang serupa,” terang Kabid KL BPBD Agam, Wahyu Bestari.

Kejadian yang menimpa rumah ibadah tersebut diperkirakan pukul 15:30 WIB. Dan petugas BPBD Agam bersama Damkar, Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya dan masyarakat, telah melakukan pembersihan.

Pohon tumbang dan longsor terjadi di empat titik di Kecamatan Palembayan. “Sekitar pukul 16:55 WIB, kami mendapat laporan adanya pohon tumbang menutupi akses jalan di Lapau Simpang, Nagari Ampek Koto Palembayan. Sementara, longsor menutupi badan jalan provinsi di Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, ada tiga titik,” terang Wahyu.

Tidak hanya itu, banjir juga menerjang Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari. Banjir mengenangi rumah warga di kampung Dagang, Jorong Malabur, sebanyak 5 unit dengan ketinggian 30-40 cm. Rumah warga di depan kantor camat, Nagari Bawan juga direndam banjir sebanyak 8 unit. Lokasi areal perkebunan dan peternakan di Jawi Tanyak, Jorong Pasar Bawan, air juga mulai naik dan berpotensi banjir.

“Tim Gabungan bersama instansi terkait lainnya telah melakukan upaya evakuasi dan pembersihan dilokasi bencana. Kami menghimbau seluruh masyarakat, untuk siaga dan waspada akan kondisi cuaca buruk ini,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top