Daerah

Bahu Jalan Menuju Talago Gunuang Longsor

Tanah Datar, Prokabar – Kondisi jalan menuju jorong Talago Gunuang di Kenagarian Saruaso Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar sangat mengkhawatirkan.

Pasalnya, bahu jalan menuju objek wisata megalit Talago Gunuang ini mengalami longsor. Antara bahu jalan yang amblas dengan Badan jalan kini hanya tersisa beberapa sentimeter saja, membuat jurang sedalam 100 meter lebih menganga dan sangat membahayakan keselamatan pengendara yang melintas.

Salah seorang warga mengungkapkan jika longsor terjadi akibat cuaca buruk yang melanda Kabupaten Tanah datar pada beberapa waktu yang lalu. Tingginya curah hujan mengakibatkan debit air tidak tertampung oleh riol yang ada. Alhasil, debit air yang besar turut membuat kondisi tanah menjadi labil, hingga terjadi longsor.

Kini warga sangat khawatir terhadap kondisi bahu jalan yang longsor dan belum jua diperbaiki. Kondisi ini sewaktu waktu dapat membuat pengguna jalan terjatuh kedalam jurang.

“Kami khawatir, warga atau pengendara bisa saja terjatuh kedalam jurang. Pasca longsor, beberapa orang pengendara motor juga terjatuh dilokasi ini karena mereka kaget saat longsor. Beruntung mereka tidak jatuh kedalam jurang,” ujar Ahdmad Dahlan.

Warga sangat berharap dilakukannya perbaikan oleh dinas terkait. Jika dibiarkan berlarut larut dicemaskan kondisi longsor akan semakin meluas, dan secara otomatis jorong Talago Gunuang akan terisolasi dari pusat Nagari atau Kecamatan.

“Kabarnya, kondisi ini telah dilaporkan oleh Walinagari ke pihak terkait. Tapi sampai saat ini belum ada tanda tanda akan diperbaiki,” ucap petani getah karet ini.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top