Daerah

Bagaimana Islam Menyikapi “Dunia Dalam Satu Klik”, Ini yang Dilakukan IAIN Batusangkar

Tanah Datar, Prokabar —  Program Pascasarjana IAIN Batusangkar Melalui Batusangkar International Conference” (BIC-4) Sikapi Cara Umat Islam Berkontribusi nyata di Era Digitalisasi. Konfrensi ini bertujuan untuk mewujudkan peradaban modern dalam konsep Revolusi 4.0 dan society 5.0.

Dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang administrasi umum dan keuangan Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, seminar ini diharapkan dapat memunculkan pengembangan pemikiran dan memberikan kontribusi aktif dalam menemukan solusi yang sistematis, akademis terhadap berbagai permasalahan generasi bangsa.

Kehadiran para pakar dari berbagai negara, baik sebagai Participant, Presenter dan sebagai Keynote Speaker diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tema International Conference, yaitu “Building Modern Islamic Civilization Through 4.0 Industrial Revolution and 5.0 Society Era”.

“Kami menyadari bahwa untuk mencapai mimpi besar untuk menuju kepada Perguruan Tinggi yang Integratif dan Interkonetif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global, yang tertuang dalam Visi IAIN Batusangkar itu semua tidak mudah, maka pimpinan IAIN Batusangkar memandang bahwa “Batusangkar International Conference” (BIC) sangat strategis mengikat perkembangan zaman saat ini.” tutup Marjoni,  Selasa (15/10).

Sementara itu, Direktur Pasca sarjana IAIN Batusangkar Dr. H. Syukri Iska, M.Ag menyebutkan Transformasi digital telah mengubah berbagai kebiasaan dan tatacara kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, aktifitas masyarakat dengan kemajuan teknologi informasi tidak lagi dapat dipisahkan.

Lebih lanjut syukri mengatakan, Informasi serba instan yang selalu tersedia dalam satu genggaman, bahkan dengan satu klik saja via smartphone, maka seseorang sudah dibawa dan pergi kemana-mana dalam angkasa Informasi.

“Suasana peralihan tersebut masyarakat Islam harus mengetahui bagaimana kita menyikapi segala perubahan tersebut, inilah salah satu pertimbangan kami untuk menetapkan dan membahas menjadi tema utama dalam BIC-4 ini.”tutup Syukri. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top