Daerah

AWR: Di Sungai Batang ada Sosok Angku Yus Dt Parpatih

Sosok Angku Yus Dt Parpatih

Dibaca : 134

Agam, Prokabar – Bupati Agam, Andri Warman atau panggilan akrab AWR menyorot sosok Angku Yus Datuak Parpatih saat berkunjung ke Masjid Su’adaa Muhammadiyah, Jorong Tanjung Sani, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat malam (23/4).

Ia menyebutkan ketokohan Budayawan Minangkabau itu menjadi potensi besar untuk kembali memajukan identitas budaya yang mulai memudar.

Sesuai dengan tiga pokok program prioritasnya saat ini adalah memasukan Pendidikan Adat Istiadat berselaraskan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah dalam kurikulum sekolah tingkat SD dan SMP Sederajad. Dua program lainnya tentang pendidikan Rumah Tahfiz dan Kampung Bahasa Inggris.

Ketiga program itu terlihat jelas akan tertumpu kepada Pemerintahan Kenagarian, jadi persoalan pendidikan agama, budaya (adat) dan bahasa asing tidak hanya masuk dalam ranah pendidikan sekolah formal semata. Melainkan juga masuk dalam penekanan tugas utama dari Pemerintahan Kecamatan bersama Ninik Mamak, Cadiak Pandai dan Alim Ulama dan seluruh komponen masyarakat lainnya.

“Tiga program itu menjadi prioritas kita kedepannya. Untuk itu kita harus bersama-sama mewujudkannya, agar Agam semakin lebih maju lagi,” tuturnya.

Berkenaan dengan budaya dan adat lanjutnya, Nagari Sungai Batang ini tersohor dengan tokoh nasional. “Untuk saat ini, saya baru saja berjumpa dengan Angku Yus Datuak Parpatih. Meski umur sudah tua, namun jiwanya masih penuh semangat,” ujarnya.

Safari Ramadan Bupati Agam bersama jajaran itu sengaja di lokasi, bertepatan kampung halamannya Wakil Ketua DPRD Agam, Irfan Amran sekaligus sahabat karib di Partai Amanat Nasional Kabupaten Agam. Kunjungan itu memberi kesan positif, terutama motivasi pembangunan fisik dan non fisik.

“Kami memang sedang melakukan pembangunan Masjid. Namun tidak ada artinya mewah dan megah masjid, bila jamaahnya hanya orang tua semata. Giat pemuda Muhammadiyah dan remaja mesjid sedang sangat dan dibangkitkan. Alhamdulillah, dukungan Bapak Bupati Agam semakin memperkuat semangat pembangunan tersebut,” terangnya.

Usai lebaran nanti, pengurus bersama tokoh masyarakat berencana meresmikan pembangunan Masjid Sua’ada Muhammadiyah tersebut. Berencana mengundang Ustad Abdul Somad. “Jika masyarakat mengundang Abdul Somad, maka saya akan mengundang Ketua Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional nantinya. Semoga itu dapat terwujud,” tutupnya. (rud)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top