Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Awal Agustus, Dandim 0312/ Bersama Pemko Padang Gelar Simulasi Bencana

Dibaca : 172

Padang, Prokabar — Dandim 0312/ Padang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Padang menggelar Simulasi Gempa dan Tsunami yang diikuti pelajar SMP kartika I-VI dan murid SD Kartika I-XII. Simulasi dikonsentrasikan dari Imam Bonjol dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74 dan HUT Kota Padang yg ke 350.

“Semua kita tidak tahu kapan bencana itu datang. Makanya dari itu, kita harus tetap bersiap-siap, menghadapi bencana itu, apalagi kita berada di daerah rawan bencana,” ungkap Letkol Czi Rielman Yudha Komandan Kodim(Dandim) 0312/ Padang.

Lebih lanjut, ia mengatakan simulasi bencana gempa dan tsunani dilaksanakan Kamis (1/8) mulai pkl.10.00 wib yang dikonsentrasikan dari Imam Bonjol, dengan rute lanjut menuju Jalan Bagindo Azischan – Jalan Proklamasi – Jalan Parak pisang – Jalan Air camar – Jalan Aur Duri – Jalan Simpang Gurun Laweh hingga kampus UPI.

“Nantinya kegiatan ini akan dikawal oleh voorijder Polresta Padang. Dan sebagai leader adalah BPBD Kota Padang, serta SOP pembagian tugas dan semua diaturnya,” sambungnya.

Selain itu dalam kegiatan simulasi gempa dan tsunami ini juga bekerja sama dengan angkot Kota Padang dan baru pertama dilakukan di Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan, bahwa angkot Kota Padang sebagai mitra kebencanaan.

“Jika terjadi gempa, maka angkot langsung mengevakuasi masyarakat segera, tidak menunggu nunggu karena untuk meminimalisir korban. Angkot sebagai pelopor mitra evakuasi bencana alam dengan slogan “ANGMADABANA” (Angkot Manunggal Daerah Bencana), terangnya.

Simulasi Bencana melibatkan anak sekolah, murid SD 100 orang,-SMP 250 orang, guru SD 12 orang dan guru SMP 15 orang. Dan setiap angkot didampingi satu orang guru, Babinsa serta Babinkamtibmas berjumlah 30 orang.

“Untuk itu kepada warga supaya tidak terkejut dengan adanya kegiatan simulasi gempa dan tsunami dengan suara sirine.” tutupnya. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top