Daerah

Assosiasi Pokdarwis Agam Dikukuhkan, Ini Program Utamanya.

Dibaca : 136

Lubuk Basung, Prokabar — Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Syatria mengkukuhkan Asosiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Agam di aula kantornya, Padang Baru, Lubuk Basung, Rabu (17/3). Sekitar 20 orang pelaku usaha, penggiat dan kelompok sadar wisata berkumpul untuk sedia melanjutkan pertemuan yang telah digagas sebelumnya.

“Kami sangat terbantu dengan terbentuk dan adanya asosiasi pokdarwis ini. Karena jelas akan mempercepat peningkatan pariwisata di Agam nantinya. Berharap segera melakukan pergerakan pembinaan kepada seluruh pokdarwis se kabupaten Agam,” ungkap Kadis Parpora Agam, Syatria kepada Prokabar.com, Rabu (17/3).

Kadis melanjutkan, Asosiasi Pokdarwis ini selain dapat meningkatkan destinasi di wadah ini, juga jelas akan berbenah meningkatkan masing-masing destinasi yang digiatkan. “Baik dari pengelolaan, marketnya, bahkan sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana,” terang Syatria.

Kami yakin imbuhnya, jika pengurus asosiasi melakukan dengan optimal akan terjadi lonjakan drastis pariwisata di Kabupaten Agam. “Selain Asosiasi Pokdarwis, juga telah terbentuk dan dikukuhkan pula Asosiasi Homestay, Asosiasi UMKM dan E-Kraf. Semua komponen ini akan saling dukung dan membahu dalam peningkatan pariwisata di Agam,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Agam, Haji Jakfar menambahkan, terbentuknya Asosiasi Pokdarwis berawal pemikiran sejumlah penggiat yang merasakan pentingnya terbentuknya wadah tersebut.

“Kita sangat menyadari, tanpa ada wadah pemersatu ini maka akan sangat lamban pergerakan pariwisata di Agam. Karena masing-masing pokdarwis hanya bisa berjalan sendiri-sendiri. Dengan adanya persatuan dalam wadah asosiasi ini, akan sangat membantu satu sama lain. Bahkan dapat bergerak lebih luas,” jelasnya.

Langkah pertama, membantu Anggaran Rumah Tangga dan Anggaran Dasar Asosiasi. Sebagai dasar peran masing-masing pengurus dalam melakukan pergerakan. Selain itu, juga akan memudahkan siapa berbuat apa pada masing-masing pengurus.

“Berjalan pembuatan AD/ART, kita juga telah disambut baik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Melaksanakan Jambore Pokdarwis dengan memperkuat kesepakatan dengan pihak akademisi ini. Selain itu kita juga akan menjalin kerjasama dengan pihak media masa dan pelaku wisata seperti Agen Traveling yang ada nantinya,” pungkas Ketua Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Agam. (rud)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top