Daerah

“Aroma Kopi Bung Hatta” Juarai Film Pendek Mahasiswa Se-Sumatera

Tanah Datar, Prokabar – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar berhasil meraih Juara Pertama dan Harapan Pertama dalam ajang lomba bergengsi Pembuatan Film Dokumenter dengan tajuk “Bung Hatta dalam Film”. Diikuti oleh seluruh mahasiswa Se-Sumatera, lomba ini diselenggarakan oleh UPT.Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Dua film yang diproduksi oleh mahasiswa yang tergabung dalam Rumah Produksi Al-Fuad dan Rumah Literasi Al-Fuad Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah berudul AROMA KOPI BUNG HATTA yang di surtradarai oleh Rahma Fira Yendri dan JIWAMU ADA DI KAKI MERAPI yang di sutradarai Tiara Ramadhani.

Kedua film tersebut mencoba mengangkat kembali sosok Bung Hatta melalui seseorang yang sangat menggemari sosok Bung Hatta sendiri.

“Memang kita membuat film ini menceritakan bagaimana sosok Bung Hatta masih bersemayam dalam diri seseorang yang bernama Bustami. Film “Jiwamu Ada di Merapi” bercerita tentang sosok Bustami yang berumur 83 tahun yang mana dalam kehidupannya dihabiskan untuk mengabdi dan merawat surau serta mengajarkan anak-anak mengaji di Surau Tuo Sungai Batang Nagari Pariangan, Sedangkan film “Aroma Kopi Bung Hitam” bercerita mengenai semangat ekonomi kerakyatan yang dijalankan oleh kelompok Selaras Alam,” terang Ara.

Dalam memproduksi dua film tersebut, tim mereka menelaah informasi mendalam mengenai sosok Bung Hatta dan karakter yang diangkat dalam film. Pengecekan lokasi serta pembuatan naskah juga dilakukan secara serius sehingga menghasilkan film dokumenter yang berkualitas dan mampu membangkitkan kembali semangat dan sifat Bung Hatta.

Dua tim yang terjun dalam pembuatan film, “Jiwamu Ada di Kaki Merapi” digarap oleh mahasiswa KPI yang beranggotakan Tiara Ramadhani sebagai sutradara, Alex Eka Putra selaku Kameramen bersama M. Nur Risqan yang juga bertugas sebagai editor. Sedangkan film “Aroma Kopi Bung Hatta” yang dibuat oleh mahasiswa IPII di sutradarai oleh Rahma Fira Yendri, dengan Kameramen dan editor Syah Alam Viscot.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar Dr. Adripen, M.Pd Ungkapkan rasa bahagia dengan apa yang telah di peroleh mahasiswa FUAD IAIN Batusangkar pada ajang yang bergengsi ini, sampai-sampai mendapatkan peringkat pertama bahkan 2 film pendek kita masuk kedua-duanya.

“Harapan kedepannya untuk Mahasiswa Fakukltas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar agar terus mampu berkreasi mengeluarkan ide-ide kreatif dalam pengembangan keilmuan yang relegius dan berbasis teknologi. Dengan pencapaian ini Anda telah membuktikan bahwa kita bisa bersaing di tingkat Nasional nantinya. “ucap Adripen. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top