Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Apel Kesiagaan Bencana, Pasaman Rawan Banjir Bandang dan Longsor

Dibaca : 65

Pasaman, Prokabar — Kabupaten Pasaman termasuk dalam wilayah rawan bencana. Terutama, bencana banjir bandang kerap mengancam daerah itu. Begitu juga bencana longsor, sebab daerah ini dikelilingi perbukitan dan sungai yang sangat banyak.

Cukup rawannya Pasaman, sudah seharusnya tindakan mitigasi perlu dilakukan. Ini berguna untuk membangun pengetahuan masyarakat agar siaga bencana.

“Saat bencana tiba, pada umumnya masyarakat kita hilang akal. Tidak siaga dan ini membuat keadaan semakin buruk. Perlu rasanya sebuah mitigasi, agar masyarakat bisa teredukasi dan siaga terhadap bencana” kata Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah saat apel besar kesiapsiagaan bencana dan Operasi Aman Nusa II 2020 bersama TNI dan jajaran Pemkab Pasaman.

AKBP Dedi Nur Andriansyah menyampaikan, Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana pada 26 April 2007 ditetapkan sebagai hari kesiapsiagaan bencana yang merupakan perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke preventif.

Dikatakan, 13 tahun sudah usia dari Undang-undang itu. Ini merupakan langkah mantap dalam upaya preventif dan merubah paradigma menjadi kesiapsiagaan dan ketangguhan dalam menghadapi bencana.
“Sangatlah penting upaya upaya yang dilakukan dalam mencegah dan mitigasi bencana guna mengurangi resiko korban,” tutupnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top