Daerah

Antrian Panjang di SPBU, KI Sumbar : Pertamina Harus Informasikan ke Publik

Padang, Prokabar – Beberapa hari kebelakang pemandangan macet di berbagai SPBU di Padang dan Sumbar sudah menjadi santapan pagi, siang atau malam bagi pengendara jalan raya.

Truk berbagai ukuran mengular panjang di ruas jalan pintu masuk.ke SPBU menunggu Solar datang, terkadang berdempetan dengan kendaraan antri BBM jenis premium.

Terlepas karena apa dan penyebabnya apa, bagi Komisi Informasi Sumbar ini sudah termasuk kategori informasi serta merta karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Mestinya Pertamina menjelaskan penyebabnya secara terang benderang ke publik, manfaatkan bermacam media supaya publik paham dan tahu kondisi truk mengular di SPBU,”ujar Komisioner Komisi Informasi Sumbar Arif Yumardi Jumat 8/11 di Padang.

Pertamina, kata Arif sebagai badan publik harus berinisiatif menjelaskan kondisi tersebut karena termasuk informasi serta merta menurut UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Jangan sampai masyarakat menduga dan menumpahkan kekesalannya di media sosial, gejala itu sudah terbaca bahkan ada pula ciloteh dikaitkan karena di Sumbar Pak Jokowi kalah, ini kan tidak baik.jadinya,” ujar Komisioner KI Sumbar Arif Yumardi yang menyaksikan sendiri kondisi berbagai SPBU di Padang siang tadi.

Ketua Komisi Informasi Sumbar Adrian Tuswandi berharap Pertamina membuka mata dan telinga tentang kegelisahaan langkahnya solar dan premium itu.

“Sebagai badan publik harusnya Pertamina berinisiatif menjelaskan soal itu ke publik, jangan tanpa penjelasan mereka-reka sendiri dan menjadi viral di media sosial, katanya semua elemen sepakat sikat hoaks tapi.kalau tak ada penjelasan dari instansi resmi, maka hoaks bisa jadi benar nantinya loh,” ujar Adrian.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top