Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Antisipasi Bencana Alam di Akhir Tahun Tanah Datar Siapkan Personil Tanggap Bencana

Dibaca : 105

Tanah Datar, Prokabar – Bencana alam berdampak terhadap kehidupan perekonomian maupun harta benda bahkan nyawa. Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar lebih dapat berhati-hati dan waspada terutama saat cuaca ekstrem melanda.

Hal ini diungkapkan Pjs Bupati Tanah Datar, Erman Rahman saat apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam kabupaten Tanah Datar, Selasa (10/11).

Untuk mengantisipasi korban jiwa saat bencana terjadi menurutnya, perlu dilakukan simulasi secara berkala dan teratur. Hal ini juga untuk mengingatkan masyarakat agar siap menghadapi bencana.

“Disisi lain kita juga harus mempersiapkan segala peralatan dan personil. Semua dalam kondisi siap jika sewaktu waktu terjadi bencana,” ungkap Pjs Bupati di hadapan puluhan personil gabungan untuk penanganan saat bencana terjadi di halaman Gedung Promosi, Batusangkar.

Dengan menerapkan protokol Covid 19, Bupati mengatakan jika Tanah Datar merupakan salah satu market bencana. Dimana, hampir seluruh macam bencana dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Tanahdatar. Oleh karena itu, perlu kiranya dilakukan antisipasi untuk menghindari korban jiwa saat bencana terjadi.

“Saat bencana terjadi akan selalu berdampak pada harta benda. Namun, kita berharap agar korban nyawa dapat dihindari. Oleh karena itu, penyiapan siaga bencana ini bertujuan juga untuk mengingatkan masyarakat agar lebih waspada,” ujarnya.

Erman Rahman mengatakan, jika Tanah Datar yang kaya akan sumber daya alam, namun memiliki ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi seperti longsor, banjir bandang, dan lain sebagainya.

“Untuk itu dalam menghadapi bencana perlu dilakukan latihan penanggulangan bencana secara berkala dan teratur. Apalagi jika terjadi bencana alam pada masa pandemi ini, tentu akan semakin memberatkan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Rohmad Hari Purnomo mengatakan, apel gabungan ini dilaksanakan sebagai bentuk melihat kesiapan personil dalam menghadapi bencana alam.

“Kesiapsiagaan bencana penting dilakukan saat ini, terlebih Tanahdatar tercatat sebagai daerah rawan bencana alam,” sebutnya.

Selain itu sebut Kapolres, cuaca buruk yang kerap melanda diakhir tahun, turut menjadi ancaman masyarakat saat ini, terutama yang bermukim dikawasan rawan bencana alam.

“Oleh karena itu mari bersama-sama kita saling mengingatkan agar kemungkinan terburuk dapat diminimalisir,” imbaunya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top