Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Angin Puting Beliung Rusak 8 Unit Rumah di Lubuk Basung

Dibaca : 499

Agam, Prokabar — Bencana angin kencang kembali melanda Kabupaten Agam, Kamis (22/10). Kejadian sekitar 23.00 WIB itu mengakibatkan kerusakan pada rumah warga di Jorong Ujuang Padang Nagari Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Basung.

Curah hujan cukup tinggi disertai Angin kencang, mengakibatkan material pohon tumbang menutupi akses jalan. Sehingga jalan tidak bisa dilewati kendaraan. Pohon tumbang itu juga merusak 8 unit rumah warga,” ungkap Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi yang langsung monitoring kejadian, Kamis (22/10).

Setelah melakukan pendataan tercatat sejumlah pemilik yang mengalami kerugian. Pertama rumah dihuni Indra (35) beserta istri dan dua orang anaknya. Mengalami rusak berat karena menimpa atap dan teras rumahnya. Kerugian diperkirakan mencapai Rp10 juta rupiah.

Selanjutnya, rumah milik Dasmi (43) beserta suami dan 4 orang anak. Sebagian besar atap rumah diterbangkan angin. Rumah milik Abdul Ramhan (83) beserta istrinya mengalami rusak ringan pada teras rumah. Riswan (36), mengalami rumah rusak ringan.

Rumah milik Rizon (22) bersama istrinya dengan kondisi teras bengkel ditebangkan angin, serta rumah rusak ringan. Mujuriah (75) bersama istri, dua orang anak, satu orang Minang dan dua orang cucunya. Rumah mengalami rusak ringan.

Rumah milik Zulmaini (52) bersama istri dan dua orang anaknya, mengalami kondisi rumah rusak sedang. Dan terakhir rumah ditempati Nelwati (50) bersama suami, adik dan dua orang anaknya. Sekitar 10 helai atap rumah diterbangkan angin kencang tersebut.

“Kami Satgas BPBD Kabupaten Agam bersama Satpol PP dan Damkar, Polri, TNI, Pemerintah Kecamatan didampingi Camat dan Nagari telah melakukan penanganan berupa pembersihan material pohon tumbang yang menutupi akses jalan. Dan melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung. Setelah dilakukan pembersihan material pohon tumbang, akses jalan sudah bisa dilewati kendaraan pada pukul 00.35 WIB,” Terang Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top