Peristiwa

Angin Kencang Kembali Berhembus di Padang

Dibaca : 338

Padang, Prokabar – Teror angin kencang masih menghantui Padang dan Sumatera Barat, Sabtu (3/4) siang, angin kencang disertai hujan membuat pohon bertumbangan. Sabtu malam, angin itu kembali datang.

Angin itu terjadi hampir merata di Kota Padang. “Mulai lagi badai di pesisir pantai malam ini,” kata Alex,warga Purus,Kota Padang.

“Bunyi angin menakutkan, atap seng sampai berbunyi bunyi, kalau lebih kencang bisa lepas atap rumah saya,” ungkap salah satu warga di Kuranji.

Sementara itu, angin kencang membuat pohon besar membelintang di jalan,seperti di Kawasan Pauh, Lubuk Kilangan, depan Hotel Inna Muara dan sejumlah titik lainnya. Tidak hanya di Padang, tapi angin kencang juga melanda Padang Pariaman dan Agam.

Menurut BMKG kecepatan angin berpotensi mencapai 35 knots. Untuk diketahui, kapal besar dilarang berlayar jika kecepatan angin di laut mencapai 27 knots.

Pohon tumbang di 15 titik

Akibat angin kencang siang tadi, pohon tumbang terjadi hingga menghambat akses jalan di 15 titik Kota Padang.

“Sampai saat sekarang berdasarkan laporan sudah terjadi pohon tumbang yang terjadi di 15 titik di Kota Padang, kebanyakan menghambat akses jalan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra.

Diantaranya terang Sutan Hendra, pohon tumbang sempat menghambat akses jalan yaitu di Tanah Sirah di Lubuk Begalung. Kemudian satu pohon juga tumbang di jalan Pasar Baru, Pauh.  Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di  Pauh dekat SMAN 9 Padang.

Selanjutnya sebut Sutan Hendra, pohon tumbang yang menghambat akses jalan juga terjadi di Lubuk Minturun, Kota Tangah. Sementara pohon tumbang menimpa satu mobil dan rumah terjadi di Koto Baru Lubuk Begalung, namun belum ada laporan ada korban.

“Sampai saat ini kita masih dalam penanganan. Kita menurunkan dua tim untuk menangani pohon tumbang yang menghambat pohon akses jalan,” sebutnya.

Dia mengingatkan, saat ini cuaca susah ditebak, namun BMKG sudah mengeluarkan peringatan tentang cuaca ekstrem yaitu hujan lebat disertai angin kencang. Hal itu bisa berdampak pada banjir, longsor, pohon tumbang, dan juga angin puting beliung.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top