Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Anak Beruang Madu Terjerat Ranjau Babi di Pasaman Barat, Sang Induk ‘Marahi’ tim Evakuasi

Pasaman Barat, Prokabar — Seekor beruang madu yang terjerat ranjau babi, dievakuasi tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melalui Resor Pasaman.

Beruang madu yang diketahui masih tergolong remaja atau anak ini terjerat di kebun warga daerah Roba Julu Ujung Gading, Nagari Persiapan Situak Barat, Kecamatan Lembah Malintang.

Kepala BKSDA Resor Pasaman, Ade Putra menyebutkan dalam proses evakuasi tersebut berlangsung alot. Pasalnya, saat dievakuasi, ternyata induk si beruang yang terjerat ada di sekitar lokasi.

“Induknya beberapa kali berusaha mencegah proses evakuasi. Itu hal biasa, sebab ini merupakan sifat ilmiah. Sang induk melihat kami sebagai ancaman, makanya ia mencoba melindungi sang anak yang sudah tak berdaya di jeratan,” kata Ade, Kamis (16/1).

Sekitar satu jam lebih, proses evakuasi akhirnya berjalan lancar dengan terlebih dulu mengusir sang induk. Sementara, anak beruang yang terjerat langsung ditangani.

“Anak beruang yang terjerat di bagian kaki kanan tersebut kami lepaskan dari jeratan dan kami bebaskan lagi di dalam hutan yang jauh dari lokasi kebun warga,” tukas Ade. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top