Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Alumni SMAN 1 TILKAM Bangun Surau Darul Ulum, Tingkatkan Pendidikan Karakter

Dibaca : 80

Agam, Prokabar — Hampir Rp3 milyar pembangunan Surau Darul Ulum dibangun dalam komplek SMAN 1 Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Surau dengan desain unik dan indah, diharapkan menjadi penunjang peningkatan pendidikan berkarakter nantinya.

Kepala SMAN 1 Tilatang Kamang, Willia Zuwerni menjelaskan sarana dan prasana ibadah Surau Darul Ulum SMA Negeri 1 Tilatang Kamang berdiri di atas tanah berukuran 46 x 22 meter. Berkedudukan pondasi berlantai 3, dengan daya tampung sebanyak 650 orang siswa dan 60 orang lebih guru.

“Pembangunan Surau Darul Ulum ini berasal sumbangsih alumni bersama komite sekolah dengan total rencana keseluruhan sebesar Rp3 Milyar. Sedangkan dana yang sudah terpakai sekitar Rp 2.6 Milyar,” ungkapnya.

Kita pihak kepala sekolah, majelis guru serta komite lanjutnya, bersyukur dan berterimakasih atas perhatian dari para alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Melalui organisasi IKASMANTIKA (Ikatan Keluarga SMA Negeri 1 Tilatang Kamang), diketuai Idris Hadi Sikumbang saat ini bertugas di Astra Patria Jakarta. Ikut serta didamping Iqbal dan Maizirwan selaku pengawas pembangunan Surau Darul Ulum SMA Negeri 1 Tilatang Kamang.

“Tujuan pembangunan surau dalam komplek sekolah adalah untuk meningkatkan pendidikan bagi siswa. Dimana peserta didik sejak datang mereka bisa shalat dhuha, shalat zuhur, dan bahkan sampai shalat ashar, baru mereka pulang. Dari sinilah para siswa Alan tumbuh karakter dan prilaku yang baik selama di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang,” terangnya.

Untuk peresmian Surau Darul Ulum ini, pihaknya merencanakan akhir Desember, atau awal Januari 2021 nanti. Pada saat peresmian, bersama alumni direncanakan mengundang Ustad Abdul Somad.

Iqbal selaku pengawas pembangunan menyebutkan, Surau Darul Ulum dilengkapi fasilitas CCTV luar dan dalam ruangan. Taman bunga, sound system, ruang garin, serta petugas garin surau yang telah dipersiapkan alumni.

Selain itu, karpet yang terbentang satu hamparan panjang. Juga dilengkapi Mesin Pinger bagi siswa yang masuk ke surau. Gambar arsitek bangunan dibuat Cindarhadi Prabowo, alumni SMA Tilatang Kamang yang kini Ketua Fakultas Teknik di Universitas Indonesia (UI). Sebelumnya alumni juga telah menyerahkan 1 unit bus sekolah dan 1 unit sepeda motor sebagai kendaraan operasional sekolah.

“Pembangunan Surau Darul Ulum dimulai 2 Maret 2019 lalu. Dalam waktu satu setengah tahun tuntas dikerjakan. Cepat tuntas karena dikelola langsung alumni dibawah pengawasan kepsek,” tutupnya Iqbal. (rud).


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top