Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Aksi Illegal Loging Mulai Kurang di Pasaman, Ini Sebabnya

Ilustrasi
Dibaca : 420

Pasaman, Prokabar — Aksi illegal loging di Pasaman agaknya mengalami penurunan. Pasalnya, dibanding tahun 2019, pada tahun 2020 terjadi penurunan kasus penangkapan yang dilakukan tim gabungan Polisi Kehutanan (Polhut) UPTD KPHL Pasaman Raya maupun bersama aparat TNI-Polri.

“Untuk tahun 2019 lalu, kami dari Polhut saja berhasil mengamankan kayu tangkapan dan temuan sebesar 23,37 kubik kayu illegal loging. Tersangka yang diamankan tujuh orang dan lima buah mesin chain saw. Untuk tahun ini alhamdulillah dari penindakan mengalami penurunan,” kata Kepala UPTD KPHL Pasaman Raya, Yandesman melalui Polisi Kehutanan, Manullang.

Turunnya aksi illegal loging ini dinilai Manullang dikarenakan penindakan hukum dan Tindakan Polgut yang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan hukuman menebang pohon secara illegal di kawasan hutan lindung.

Sosialisasi dan edukasi ini bakal terus dilakukan. Agar masyarakat tidak lagi melakukan aktifitas illegal loging. “Sehingga alam kita lebih terjaga dan terhindar dari bahaya longsor dan banjir bandang serta hutan gundul. Kemudian kita galakkan juga reboisasi atau penghijauan di kawasan yang gundul. Pungkas Manullang. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top