Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Akibat Musim Kemarau dan Angin Kencang, Sehektar Kebun Ludes Terbakar di Pasaman

Dibaca : 122

Pasaman, Prokabar — Musim kemarau sedang melanda Pasaman. Tak terhindarkan, kebakaran lahan ikut terjadi. Sekitar satu hektar lahan masyarakat mengalami kebakaran di pinggir jalan arah Air Abu, Jorong Pandam, Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol.

Kapolsek Bonjol, Iptu Roni mengatakan, belum diketahui penyebab kebakaran lahan milik Bujang (60), warga setempat itu. Diduga kuat, percikan api tidak sengaja muncul di lahan itu yang kemudian merambat dengan cepat karena faktor kemarau dan angin kencang.

“Saat terjadi kebakaran, ada warga yang melapor. Kamipun langsung berkoordinasi dengan TNI dan pihak BPBD. Alhamdulilla, api berhasil dipadamkan,” kata Roni, usai kejadian naas tersebut, Senin (2/3).

Lebi lanjut, Kalaksa BPBD Pasaman, Ricky Riswandi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati ditengah cuaca ektrim dan angin kencang ini. “Tadi malam juga kami mendapat laporan dari anggota ada petani didaerah Taluak Ambun, Kecamatan Lubuk Sikaping membakar lahan kebunnya hingga sampe malam baru bisa dipadamkan. Hal ini sebenarnya tidak bisa juga kita batasi dalam hal aktifitas pertanian. Namun kami tetap meminta masyarakat tidak membakar lahan pertanian untuk sementara hingga cuaca ini stabil,” kata Ricky.

Hal tersebut dilakukan kata dia untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara luas. “Kejadian kebakaran di Bonjil ini beruntung di pinggir jalan. Kalau sampai nanti di tengah hutan terjadi, tentu akan menyulitkan petugas dalam pemadaman. Kemudian jelas berdampak pada perusakan ekosistem hutan dan memunculkan kabut asap yang mengganggu pernapasan,” tukas Ricky. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top