Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Air Terjun Sari Bulan, Surga Dunia yang Masih Perawan di Pasaman

Dibaca : 691

Pasaman, Prokabar — Kecamatan Tigo Nagari menyimpan salah satu surga dunia yang patut didatangi. Apalagi bagi para penghobi wisata alam, mendatangi surga dunia yang satu ini, air terjun Sari Bulan Guguang, wajib hukumnya.

Beerada di Kampung Guguang, Jorong Siparayo Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari Pasaman, air terjun ini teramat indah. Masih perawan pula, tidak banyak orang yang tahu keberadaannya.

Air Terjun Sari Bulan Guguang mempunyai tujuh tingkatan. Terlihat pada tingkat empat, air terjun besar disandingkan dengan dua sisi air terjun yang lebih kecil. Tepat di bawah Air Terjun Sari bulan terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara alami dan sebenarnya inilah yang membuat air terjun ini menjadi sangat eksotis. Dengan airnya yang sangat jernih dan tenang membuat anda wisatawan merasa aman untuk berselfie ria serta bermain air.

Tidak itu saja, hamparan keindahan akan memanjakan mata sesampainya di sana. Walaupun diameternya tidak terlalu luas, sekitar 20 meter, tetapi tidak akan ada kata bosan dengan pemandangan eksotis yang ada disana.

Di sisi lain, perjalanan ke lokasi melewati jalan menurun dan tanjakan yang menjadi khas Bukit Barisan. Dipastikan, otot-otot pada raga bakal diuji kekuatannya.

Air terjun ini memikiki ketinggian yang mencapai 35 meter. Sari Bulan Guguang menjadi satu-satunya air terjun di Kabupaten Pasaman yang memiliki tingkat keasrian yang luar biasa indah.

Namun hingga kini, air terjun yang berpotensi menjadi wisata tersebut masih belum tersentuh oleh pemerintah daerah maupun pemerintah nagari. Meski sudah banyak para waterfall lovers yang menjajaki air terjun ini, namun akses jalan menuju keindahan duniawi itu memang terasa sedikit berat.

“Insyallah, untuk tahun 2020, kita rencanakan pengembangan wisata dan akan kita coba perlahan-lahan bersama masyarakat agar bahu membahu memperbaiki jalan menuju Air Terjun Sari Bulan Guguang,” tukas Afriyanto selaku Kaur Pemerintah di PemNag. Malampah. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top