Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Air Danau Singkarak Meluap, Sebagian Kedai Kini di Dalam Danau

Dibaca : 17.802

Batutaba, Prokabar – Melimpahnya air Danau Singkarak turut berdampak terhadap perekonomian masyarakat di objek wisata Tanjung Mutiara, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar. Kondisi air Danau Singkarak nyaris menyentuh pemukiman dan kedai-kedai pedagang di kawasan destinasi wisata itu.

Bahkan, sebagian kedai ada yang telah terendam oleh air danau. Speead boad yang biasanya beroperasi saban hari, kini hanya bisa terparkir, karena tidak ada wisatawan yang berkunjung.

Warga setempat juga memasang karung-karung berisikan pasir di sepanjang bibir danau, dengan tujuan air tidak kian meluap hingga ke areal pemukiman warga.

Susi, salah seorang pedagang di kawasan objek wisata Tanjung Mutiara mengatakan, meluapnya air danau telah terjadi sejak 2 minggu yang lalu.

Akibat peristiwa itu, ia juga mengaku tidak lagi efektif berjualan karena pengunjung yang enggan datang ke objek wisata tersebut.

“jika biasanya bisa berpenghasilan Rp300 ribu sehari. Karena air danau meluap, kini orang datang untuk minum kopi saja. Mereka cuma melihat lihat air danau yang meluap,” ungkap Susi saat ditemui prokabar.com di kedai miliknya.

Agar aktifitas bisa kembali normal, ia mengaku jika air danau akan kembali surut seperti sediakala, apabila pintu air di kawasan Ombilin dibuka oleh pihak terkait.

“Dulu juga pernah terjadi seperti ini. Biasanya kembali surut butuh satu bulan. Tergantung berapa pintu air (Ombilin) yang dibuka,” tutupnya.(eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top