Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Agam Tambah Tiga Ruang Isolasi, Khusus PDP Di RSUD Lubuk Basung

Dibaca : 373

Lubuk Basung, Prokabar —Bupati Agam, Indra Catri menginstruksikan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 ke Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Lubuk Basung. Terkhusus untuk memaksimalkan kesiapan Pemerintah Kabupaten Agam dalam menghadapi penanganannya.

Instruksi tersebut dikeluarkan Bupati, terkait cepatnya perkembangan dan semakin serius ancaman Covid 19. Terbukti bertambahnya ODP serta PDP di Kabupaten Agam.

Penanganan dilakukan dengan cara penambahan tiga ruangan isolasi, khusus untuk PDP. Tahap pertama, RSUD sudah mampu menampung sekitar 14-15 orang pasien. Penambahan ruangan tersebut akan dilengkapi peralatan medis dan kebutuhan lainnya. sehingga dapat difungsikan bilamana dibutuhkan.

Menyikapi instruksi tersebut Setda Kabupaten Agam, Martias Wanto selaku Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Agam, bergerak cepat menyediakan tambahan Anggaran sekitar Rp2 milyar dari dana 10 milyar yang telah ditetapkan sebelumnya. Dilakukan melalui pergeseran APBD Agam tahun 2020.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Agam, telah menyediakan dana Pos Tanggap Darurat untuk Covid 19 ini sekitar Rp12 milyar, yang sebelumnya hanya Rp10 milyar. Dana tersebut juga akan kita gunakan untuk peningkatan gizi serta insentif para tenaga medis di RSUD Lubuk Basung maupun di Puskesmas,” terangnya.

Martias melanjutkan, tugaskan ini adalah bentuk perang kita menghadang dan menghadapi serbuan Covid 19 ini. Musuh yang tidak terlihat, namun nyata ada dan menyerang masyarakat Sumatra Barat saat ini. Termasuk di Kabupaten Agam.

Disisi lain, Bupati Agam, Indra Catri meminta kita dari Gugus Tugas Covid 19 Kabuapaten Agam untuk menyiapkan dana penanganan dampak Ekonomi akibat Covid 19.

“Seluruh masyarakat sudah kita minta untuk tetap di rumah dan jangan ada lagi keluar rumah. Jelas akan berdampak negatif pada pendapatan dan pemenuhan kebutuhannya. Dalam hal itu, kita telah mencari solusi, dengan cara bantuan subsidi serta pemenuhan bahan kebutuhan pokok masyarakat, melalui operasi Pasar,” pungkas Setda Martias Wanto, yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19. (Rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top