Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Agam Menuju Terkoneksi Internet, Sediakan Wi-Fi Gratis Di Masjid dan Sekolah

Dibaca : 254

Agam, Prokabar — Pemerintahan Kabupaten Agam kembali melakukan terobosan inovasi membantu masyarakat, terkhusus proses belajar daring siswa-siswi selama pandemi Covid-19. Menjalin kerjasama dengan PT. Telkom dalam penggunaan jaringan internet ke seluruh sekolah dan fasilitas pemerintahan di seluruh pelosok negeri se-Kabupaten Agam.

“Kali ini, ada segmen untuk pelajar kita. Agam menuju terkoneksi internet,” ungkap Bupati Agam, Dr. Indra Catri kepada Prokabar.com, saat meninjau pemasangan wi-fi gratis di salah satu masjid di Banuhampu, Selasa (22/9).

Untuk sekolah, Bupati Agam, Indra Catri melauncing perdana Program Wi-fi gratis di SD Negeri 03 Cingkariang, Kecamatan Banuhampu. “Selain di sekolah-sekolah mengaktifkan wi-fi, kantor pemerintahan kecamatan, kantor pemerintahan nagari, kantor jorong dan UPTD Penyuluh Pertanian juga turut mengaktifkan jaringan telponnya untuk bisa mengkoneksikan jaringan internetnya,” tutur Bupati.

Untuk tahap awal ini lanjut Bupati, kita dibantu PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Agam sebanyak 50 unit sekolah. dan Baznas Kabupaten Agam, Rp35 juta untuk 100 unit masjid di Agam. “Bantuan melalui Baznas, dapat 100 unit masjid pemasangan Wifi gratis. Sedangkan bantuan dari PGRI sebanyak 50 unit sekolah,” imbuh Bupati Agam, Dr. Indra Catri.

Agar proses inovasi ini berjalan lancar, Pemda Agam berkoordinasi dengan PT. Telkom melalui Diskominfo Agam. Termasuk kontrol penggunaan akses internet pada siswa dan masyarakat.

Bupati Agam, Dr. Indra Catri berharap tidak ada lagi masyarakat dan pelajar Agam kesulitan jaringan internet. Terutama untuk kebaikan dan pembelajaran ilmu pengetahuan. Menargetkan dua bulan kedepan dapat terwujud.

Dimanapun pelajar yang hendak belajar daring, dapat memanfaatkan Wi-Fi gratis di fasilitas dimana pun ia berada.
Mempermudah akses siswa belajar daring dimasa pandemi Covid-19 ini.

“150 unit wi-fi yang telah dipasang. Mohon dukungan kita semua, termasuk orang tua murid agar program ini dapat tercapai ke semua sekolah dan masjid Se-Kabupaten Agam. Untuk mendukung proses pembelajaran pelajar dan guru pendidik. Jaringan sulit, biaya pulsa mahal,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra mewakili PGRI Kabupaten Agam mengucapkan terimakasih kepada Bupati Agam, yang terus memperjuangkan dunia pendidikan. Serta kepada rekan-rekan guru terhimpun di PGRI Kabupaten Agam yang telah mendongkrak inisiatif, mewujudkan Program Agam Terkoneksi Internet, wi-fi gratis.

“Sejak awal menjabat, Bupati Agam, Dr. Indra Catri telah berjuang memikirkan bagaimana akses jaringan internet sebagai pembuka cakrawala ilmu pengetahuan ini tercapai. Namun di akhir jabatan ini baru bisa tercapai. Semoga cita-cita ini dapat terwujud secara menyeluruh se-kabupaten Agam nantinya,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top