Daerah

Ada Taman 1000 Kincir Angin Di Solok

Solok, Prokabar — Taman Kitiran Qualified Training Center (QTC) Kota Solok bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi. Disana tersedia tempat berswafoto bersama keluarga, teman dan sahabat. Bahkan, tersedia sarana belajar Al-Qur’an bersama pengajar yang expert serta sholeh dan sholeha.

Objek wisata Taman Kitiran QTC merupakan salah satu tempat wisata kekinian yang ada di kota Solok terletak di daerah perbukitan yang berlokasi di Jalan Batu Laweh Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.

Taman ini didirikan oleh Ustad Diki Asnur. Jarak taman ini dari pusat Kota Solok relatif dekat, lebih kurang dua kilometer dengan akses jalan aspal yang baik. Pengunjung bisa menjangkau lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Diki Asnur, menyebutkan Taman Kitiran QTC awalnya merupakan sanggar Quran dan pelatihan Tahfidz yang dibuka sejak Februari 2019.

Sebelumnya QTC fokus pada pengembangan sumber daya manusia dalam bidang training, outbound, Tahfidz, camping atau berkemah dan lainnya yang telah berkembang di Kota Solok.

“Dalam menciptakan wahana baru bagi Hafidz Quran yang tergabung dalam program sanggar Quran dan Pelatihan Tahfidz QTC di Solok, kami berupaya memberikan suasana religi yang menyatu dengan alam, serta nyaman,” ujarnya.

Ia menjelaskan Taman Kitiran diambil dari bahasa jawa yang berarti taman kincir angin atau baling-baling. Taman Kitiran QTC Puncak 1.000 Kincir Angin ini memiliki konsep Eko Wisata, wisata edukasi, berkemah dan wisata kuliner.

Dalam mengembangkan Taman Kitiran tersebut, Ia juga melibatkan pemuda setempat untuk membuat 1.000 kincir angin yang terbuat dari kertas mika jenis katon dengan ketebalan 2 mm yang tahan air, hujan dan angin.

“Kami juga memiliki target 4.000 kincir angin, sekarang baru 1.000,” ujarnya.

Selain untuk berfoto, puncak 1000 kincir angin juga memiliki suasana yang cukup sejuk membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan betah menikmati keindahan pemandangannya, terlebih di waktu sore hari saat matahari sudah mulai rebah.

Selain berwisata menikmati suasana yang indah dan kincir angin yang warna-warni yang dihembuskan oleh angin sepoi-sepoi, pengunjung juga bisa melihat anak-anak yang sedang belajar menghafal Al-Qur’an.

Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan sajian menu makanan yang lezat dan gurih serta dapat dipesan langsung oleh pengunjung kepada pengelola, Taman Kitiran QTC ini juga memiliki tempat olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yaitu area olahraga Panahan. (mc Solok/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top