Daerah

Ada Pojok Baca di Pasar Rakyat Pariaman

Dibaca : 127

Pariaman, Prokabar — Saat ini masyarakat yang berkunjung ke Pasar Rakyat Kota Pariaman bisa menikmati layanan perpustakaan. Pasalnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman, membuka Pojok Baca di pasar yang akan diresmikan presiden RI tersebut.

Berada di lantai empat, Pojok Baca ini di design secara apik, simple dan menarik. Hal tersebut agar menumbuhkan dan mengembangkan budaya baca pada generasi milenial dan masyarakat.

Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setdako Pariaman, Nen Marni mengatakan, pojok baca ini dibuat untuk menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, apalagi pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat.

“Pasar rakyat Kota Pariaman yang baru saja ditempati ini, menarik kalangan masyarakat, mulai dewasa, generasi muda sampai anak-anak untuk berdatangan. Pojok baca ini bukan hanya sekadar pajangan saja, kita berharap masyarakat mulai dari orang dewasa, remaja dan anak-anak, dapat menikmati buku bacaan di Pojok Baca ini, yang dapat dikelola dan dimanfaatkan, sehingga dapat membangun budaya literasi daerah kita,” ujarnya dinukil dari MC Pariaman, Jumat (2/4).

Kejadian Pojok Baca ini tempatnya masih bersifat sementara dan belum tetap, meskipun begitu, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal, dengan harapan ke depan akan semakin meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), dan Nilai Tingkat Gemar Membaca Masyarakat (TGM) di Kota Pariaman.

“Kita saat ini sedang membidik bantuan untuk Pojok Baca Digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Nantinya di Pojok Baca Digital tersebut, dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibantu sepenuhnya oleh Perpusnas, serta dilengkapi dengan bantuan 3.000 lebih buku digital,” ungkap dia.

Pihaknya berharap Pojok Baca ini, dapat bermanfaat dan menarik masyarakat untuk gemar membaca. “Apalagi buku-buku yang disediakan di sini sangat beragam dan bermanfaat sekali, mulai dari buku bacaan anak-anak, remaja, sampai pengetahuan umum dan pengembangan usaha, juga yang lainnya,” tutur dia.

Pojok Baca ini akan dibuka setiap hari, mulai Senin sampai Minggu, dengan jam operasional mulai pukul delapan pagi sampai tiga sore. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top