Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ada Destinasi Pantai Torpedo Di Agam, Ini Lokasinya!

Dibaca : 469

Agam, Prokabar — Ternyata di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam terdapat sebuah pantai dengan destinasi baru. Pantai Torpedo namanya. Unik bukan.

Kita sama-sama tau, Torpedo merupakan salah satu alat peledak sebagai senjata perang berbentut kerucut dengan daya ledak yang cukup mematikan. Dalam hal ini, kisahnya berawal pada masa Penjajahan masa Jepang, terjadi perlawanan pejuang yang melakukan bergerilya.

Jepang yang memiliki senjata mematikan itu, menyerang pejuang dengan torpedo. Akan tetapi serangan itu gagal karena tidak pernah tepat sararan dan tidak membuat pejuang kita kalah dari pertempuran tersebut.

Sejarah tersebut kemudian diabadikan Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah V Direktorat SDA Kementerian PUPR yang berkantor di Kota Padang, Sumatra Barat. Membangun sarana prasarana lengkap Mushalla, Toilet, Lapangan Futsal Pantai, Volly Pantai, Lapangan Latihan Tembak, Takraw dan tempat anak-anak bermain.

“Pembangunan ini sudah dimulai sejak 2017 lalu. Dan tuntas pengerjaan pada 2019. Untuk saat ini, pengelolaan diserahkan secara swadaya kepada kami pemuda. Dan berharap pemerintah daerah dapat membantu kami, untuk menjadi pengelola yang lebih baik,” ungkap Rino Alfa, Ketua Pemuda Jorong Ujuang Labung, Nagari Tiku Limo Jorong, saat ditemui Prokabar.com, Selasa (7/7).

Selain di sini, Nagari Tiku Limo Jorong ini juga terdapat destinasi Hutan Bakau. Telah dibangun sebuah jembatan khusus dengan panjang 65 meter. Kemudian ditambah lagi 15 meter melalui Dana Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria mengatakan Pantai Torpedo adalah aset Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah V. “Informasi yang didapat saat ini, dikelola secara swadaya oleh pemuda setempat. Kedepan harapan kita, bisa sinergikan antara BWS V selaku pemilik aset bersama Pemda Agam untuk mensuport peningkatan kapasitas SDM melalui Pokdarwis dan masyarakat setempat selaku pengelola,” tukuknya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top