Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

ACT Sumbar Luncurkan Gerakan Bangkit Bangsaku

Dibaca : 165

Padang, Prokabar — Organisasi kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap Sumatera Barat meluncurkan gerakan ‘Bangkit Bangsaku: Habis Gelap Bangkitkan Terang’, Kamis (8/10). Gerakan Bangkit Bangsaku ini menjadi ikhtiar bersama membangkitkan kondisi bangsa yang sebelumnya dalam keterpurukan.

Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Welf mengatakan pandemi ini telah membuat hampir seluruh elemen masyarakat mengalami kegamangan. Masyarakat membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi. Di sisi lain, pandemi tidak hanya mengubah perilaku sosial masyarakat, tetapi juga membuat ekonomi menjadi terpuruk.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, kondisi ini tidak bisa dibiarkan terus berlarut-larut karena dampaknya tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga terjadi hingga jangka panjang.

“Oleh karena itu, gerakan Bangkit Bangsaku diharapkan bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat khususnya bagi kelompok-kelompok rentan yang mengalami dampak secara langsung dari pandemi ini.” terangnya

Ia memaparkan, gerakan ini menyasar tiga sektor vital, yaitu sosial, ekonomi, dan kesehatan, di samping dua sektor lainnya, yaitu sanitasi dan air bersih, serta sektor pendidikan. Di sektor sosial, ACT berikhtiar menopang kebutuhan pokok masyarakat terutama pangan. Pangan merupakan kebutuhan utama yang sulit dipenuhi di masa pandemi akibat keterpurukan ekonomi keluarga.

“ACT insya Allah akan terus mengikhtiarkan mendampingi masyarakat, memastikan stok pangan dari hulu ke hilir tersedia, sehingga seluruh masyarakat dapat terbantu. Mohon doa dan dukungannya,” terangnya.

Sementara, di bagian hulu, pihaknya fokus pada pendampingan para produsen pangan seperti petani, nelayan, dan sebagainya agar produksi pangan terus berlanjut. Hasil produksi pangan tersebut nantinya akan menjadi suplai untuk masyarakat di bagian hilir.

Adapun program-program pangan tersebut di antaranya Lumbung Beras Wakaf, Lumbung Ternak Wakaf, Lumbung Air Wakaf, Lumbung Sedekah Pangan, Operasi Pangan Gratis, Operasi Beras Gratis, Operasi Makan Gratis, Humanity Care line, dan lainnya.

Sementara penyelamatan di sektor sosial mencakup pemberian bantuan biaya hidup bagi para guru dan dai prasejahtera di Indonesia.

Di sektor ekonomi, ACT lanjut membantu para pelaku usaha mikro dan ultra mikro bertahan dan bangkit di tengah ancaman resesi ekonomi.

“Mudah-mudahan ini mampu mendorong perekonomian bangsa yang banyak disokong dari sektor UMKM,” harapnya.

Kemudian, di sektor kesehatan ACT berikhtiar melaksanakan program preventif terhadap penyebaran virus corona melalui aksi disinfeksi, penyediaan APD bagi pejuang medis, hingga dukungan pangan dan multivitamin bagi tenaga kesehatan yang menangani langsung kasus covid-19. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top