Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

ACT Sumbar Buka Crisis Center Tragedi Kemanusian Wamena

Dibaca : 199

Padang, Prokabar — ACT Sumbar membuka crisis center di Kantor ACT Sumbar dan Bandara Internasional Minangkabau untuk memberikan informasi akurat kepada publik sekaligus menjadi tempat pengaduan orang hilang serta penerimaan donasi, Selasa (1/10).

Crisis Center ini ditujukan menjadi pusat data atas dampak konflik sosial yang terjadi di Wamena, Jayawijaya.

Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Welf mengungkapkan bahwa perbaruan informasi atas dampak tragedi kemanusiaan di Wamena dibutuhkan, Crisis Center akan memberikan informasi kepada publik tentang data dan situasi terkini dari Papua secara akurat.

Nasrul Abit Indra Catri

“Masyarakat dapat mengunjungi dan mendapatkan informasi tentang Wamena. Data-data yang Crisis Center ACT terima berasal dari tim yang berada di Papua saat ini. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh informasi melalui akun medsos ACT Sumbar, karena disana juga kita update,” ungkapnya

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Crisis Center akan terus dibuka tergantung melihat kondisi di Wamena, “Kalau untuk di Bandara mungkin seminggu atau dua minggu,” sambungnya.

Saat ini tim ACT juga telah berada di Sentani dan sebagian lagi akan menuju Wamena. Tim tanggap darurat tersebut akan mengirimkan informasi terkini ke Crisis Center di Padang tiap pagi dan sore akan ada perbaruan informasi.

“Crisis Center di Padang juga menjadi pengaduan orang hilang atau yang menjadi korban krisis kemanusian di Wamena. Data Crisis center juga dapat menjadi rujukan berbagai pihak, karena tiap hari ada perbaruan informasi tentang pengungsi, korban, hingga eksodus yang terjadi di Papua,” terangnya.

Selain itu, Crisis Center juga menjadi tempat bagi masyarakat yang ingin berdonasi bagi warga terdampak konflik sosial. “Nantinya ACT akan menyalurkan bantuan itu, juga akan memberikan santunan bagi korban konflik yang meninggal dunia,” tutupnya. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top