Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Abdul Halim Iskandar: Dana Desa untuk Sumbar Tetap Berlanjut dan Jorong Diusulkan Dapat Dana Desa

Dibaca : 322

Pariaman, Prokabar – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebutkan bahwa Dana Desa (DD) akan tetap berlanjut dan untuk sumbar akan ada formulasi baru dana desa dimana setiap Jorong diusahakan kedepan ada dananya.

“Kita lagi menampung aspirasi dari masyarakat dimana untuk Sumatera Barat dana desa itu jangan dihutung lagi pernagari, akan tetapi hitungan itu setiap jorong dan ini lagi kita perjuangkan dikementrian keuangan dan muda-mudahan bisa disetujui,” kata Abdul Halim Iskandar usai mengukuhkan pendamping desa berdikari di Aula Balai Kota Pariaman, Jumat (24/7).

Lebih lanjut Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa usuan itu telah disampaikan kepada Mentri Keuangan dan Presiden Joko Widodo, agar pembangunan desa dan nagari di Sumatera Barat bisa cepat perkembangannya.

Alasan pengusulan dana desa itu ada setiap jorong, sambung Gus Mentri, karena nagari di Sumatera Barat jauh lebih besar dibandingkan dengan desa pada umumnya.

Tidak hanya itu, Abdul Halim Iskandar juga menegaskan tidak ada penghapusan dana desa untuk tahun-tahun berikutnya. Dimana setiap tahun dana desa ini akan selalu meningkat, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia.

“Saya pastikan dana desa ini akan tetap ada dan akan selalu meningkat, kecuali tahun 2021 mendatang jumlahnya sama dengan tahun ini, itu disebabkan covid-19,” tegasnya.

Untuk membangun Indonesia itu, lanjut Abdul Halim, harus dari desa, dimana nanti jika desa ini semuanya sudah makmuar atau mandiri, maka seluruh Indonesia ini tidak akan lagi ada yang tertinggal termasuk masalah kemiskinannya.

“Kalau disemua desa sudah tidak ada lagi yang miskin, maka tidak ada lagi orang miskin di Indonesia, karena Indonesia adalah desa dan desa adalah Indonesia,” sebutnya sambil tersenyum.

Selain itu, dalam kunjungan Mendes PDTT ke Kota Pariaman dalam rangka melakukan pengukuhan terhadap 43 pendamping desa berdikari. Dimana pendamping desa berdikari ini dibentuk oleh Pemko Pariaman agar semua desa di Pariaman itu memiliki pendamping. Dimana saat ini pendamping desa yang digaji oleh kementerian itu tidak mencukupi dengan jumlah desa yang ada di Kota Pariaman.

“Ini adalah inovasi yang sangat bagus dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman, dan ini akan saya bawa dan sampaikan ke daerah-daerah lain yang saya kunjungi,” katanya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan inovasi pendamping desa berdikari ini dilahirkan agar semua desa di pariaman ada pendapingnya. Dengan demikian semua program didesa bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan moto dari Undang-undang desa itu sendiri yaitu membangun dari desa.

“Dengan adanya pendamping ini maka semua desa di Pariaman sudah memiliki Pendamping desa, dan untuk gajinya diambilkan dari anggaran pemerintahan Kota,” kata Genius.

Bahkan awalnya, sabung Genius Umar, pengukuhan pendamping desa ini dilakukan secara Virtual saja, namun karena terobosan tersebut sangat bagus maka Mentri memutuskan untuk datang langsung ke Pariaman.

“Awalnya saya minta pengukuhan dengan virtuar saja, tetapi Gus Menteri bilang saya akan datang langsung, tentu ini sebuah kehormatan bagi kita semua dikunjungi oleh mentri,” katanya. (syh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top