Daerah

Tidak menghasilkan, Perumda Rumah Kemasan “Diteropong”

Dibaca : 658

 

Tanah Datar, Prokabar- Rumah kemasan di Jalan Dt. Bandaro Kuniang Jorong Kubu Rajo Nagari Limo Kaum menjadi sorotan Wakil Bupati Tanah Datar. Bagaimana tidak, rumah kemasan tersebut bisa dikatakan tidak beroperasi, sedangkan kondisi mesin terkategori layak dan dalak kondisi baik.

” Ini harus menjadi catatan oleh Direktur Perumda agar Rumah Kemasan ini bisa menghasilkan,” ungkap Wabup Richi Aprian, saat meninjau temapt tersebut beberapa waktu lalu.

Richi melanjutkan, sebenarnya Rumah Kemasan tersebu memiliki potensi yang sangat besar untuk memproduksi kemasan produk yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Namun pihakmya tidak tahu masalahnya ada dimana, sehingga para pelaku UMKM malah membeli kemasan untuk produknya di Jawa.

” Sebenarnya kalau mereka pesan ke Jawa tentu yang ditanya berapa banyak pesanannya, karena ini kaitannya dengan harga dan ongkos kirim,” lanjutnya.

Alat dan mesin yang ada di rumah kemasan mampu mencetak hampir semua bidang cetakan.Namun, yang menjadi pertanyaannya kenapa saat ini tidak menghasilkan.

Menurutnya, rumah kemasan harus mampu bekerjasama dengan pihak swasta yang bergerak dibidang percetakan, dengan harapan UMKM yang ada di Tanah Datar bisa lebih terbantu dengan harga yang lebih murah dan kualitas produk yang tidak kalah.

“Harapan kita dengan adanya kerjasama nanti ada yang harus diperbaiki, sehingga Rumah Kemasan ini bisa menghidupi dirinya sendiri dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat. Karena tujuan dibentuknya Perumda salah satunya untuk mencari keuntungan, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambah Wabup Richi.

Sementara Direktur Perumda Tuah Sepakat Arismen, mengatakan rumah kemasan diserahkan pengelolaannya ke Perumda tidak lama berselang pandemi covid 19 melanda negeri ini, sehingga UMKM sebagai pendukung utama ikut terdampak.

“Ini menjadi faktor utama mengapa Rumah Kemasan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, kedepan insya Allah rumah kemasan akan bangkit lagi seiring dengan bangkitnya UMKM di Tanah Datar,” terang Arismen. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top