Peristiwa

Surau Tinggal di Pangian Lintau Buo Terbakar

Dibaca : 2.5K

Tanah Datar, Prokabar- Surau tinggal di Jorong Tago Palange, Nagari Pangian, Kecamatan Lintaubuo terbakar, Senin (22/11) sekira pukul 17.00 Wib. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun gudang dan barang-barang yang ada didalamnya ikut terbakar.

Meski warga telah berupaya memadamkan api dengan cara menyiram memakai alat seadanya, namun kalah cepat oleh kobaran api yang merayap melalui bagian atap mushollah yang sering disebut Surau Padang Datar itu.

Kejadian itu menggemparkan warga sekitar dan pengendara yang melintas, hingga berduyun-duyun melihat kelokasi.  Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran, karena saat kejadian bangunan gudang yang terpisah dengan bangunan surau terlebih dahulu ludes terbakar.

Kejadian itu pertama kali diketahui oleh seorang warga yang bernama Nono (43), dia yang saat itu tengah bekerja di sawah yang letaknya tidak jauh dari lokasi surau, melihat kepulan asap. Nono pun berlari memberi tahu kepada warga lainnya dan kembali kelokasi untuk memadamkan api.

Dengan dibantu warga lainnya, mereka berusaha memadamkan api yang sudah membakar bagian atap surau yang memang sudah beberapa tahun terakhir tidak aktif lagi.

Lokasi surau tersebut berada dibelakang rumah warga dan dipinggir areal persawahan.

Melalui pesan berantai, kejadian itu kemudian dilaporkan kepada petugas Posko Damkar di Lintaubuo. Saat petugas datang, warga masih berusaha memadamkan api dengan mengambil air kolam yang berada didepan surau, namun karena menggunakan alat seadanya, upaya warga kalah cepat dengan api.

Selain meludeskan gudang dan nyaris menghabiskan bangunan utama surau, api juga membakar dua pohon kelapa yang berada didekat bangunan gudang surau yang terlebih dahulu ludes terbakar.

Api baru dapat dipadamkan setelah satu unit Mobil Damkar Posko Lintaubuo turun kelokasi bersama lima petugas. Petugas yang dibantu warga akhirnya berhasil memadamkan api yang nyaris meludeskan semua bangunan utama surau.

“Kami tadi langsung terkejut karena diberitahu surau terbakar, karena tidak ada seorangpun yang tahu jika surau terbakar, ” ujar Hertati, warga setempat saat ditemui dilokasi.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top