Olah Raga

Pecahkan Rekor PON Lontar Martil, Rafika Putra Persembahkan Medali Emas untuk Sumbar


Rafika yang juga atlet nasional dan memperkuat Indonesia di SEA Games Manila 2019, mencatat lontaran sejauh 54,05 meter. Catatan tersebut dibukukan pada lemparan pertama dan memecahkan rekor PON.

Rafika putra, atlet Sumbar yang memecahkan rekor PON nomor lontar martil. (ist)

Dibaca : 975

Mimika, prokabar – Kontingen Sumatra Barat menambah satu medali emas, Minggu (10/10) siang melalui atlet lontar martil putra Rafika Putra. Tidak hanya meraih emas, Rafika juga memecahkan rekor PON  di Stadion Sport Center, Mimika.

Rafika yang juga atlet nasional dan memperkuat Indonesia di SEA Games Manila 2019, mencatat lontaran sejauh 54,05 meter di PON XX 2021 Papua  ini. Catatan tersebut dibukukan pada lemparan pertama dan memecahkan rekor PON.

Rekor sebelumnya di pegang atlet DKI Jakarta, Ardiansyah Apandi, yang sukses meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Saat itu Ardiansyah mencatatkan  lontaran sejauh 52,28 meter untuk mencatat rekor baru PON.

Ardiansyah sendiri PON kali ini hanya menduduki peringkat tiga dan meraih medali perunggu dengan lontaran terbaik sejauh 51.62 meter. Medali perak direbut atlet asal Riau Denny Putra dengan lontaran terbaik sejauh 52.63 meter.

Namun, lemparan Rafika belum mampu memecah rekor nasional yang dipegang atlet Jawa Barat, Dudung Suhendi sejauh 55,96 m yang dibukukannya di Jakarta 2 Juli 2011.

Dengan tambahan satu medali emas dari Rafika, maka Sumbar menambah koleksi medali emasnya menjadi lima medali emas. Sekaligus emas kedua dari cabang atletik.

Sebelumnya, Fauma Defril Jumra mempersembahkan medali emas untuk Tuah Sakato di nomor dasa lomba putra.

Hasil dua emas dari atletik ini memang sesuai dengan prediksi, dan atletik berhasil memenuhi target dua medali emas.

Hasil ini menyamai capaian PON 2016 di Jawa Barat, dimana Sumbar juga meraih dua medali emas, yang keduanya diborong oleh sprinter putra Yaspi Bobby di nomor lari 100 dan 200 meter.(rmo)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top