Olah Raga

Tuah Sakato Menuju PON XX 2021; Bidik 2 Emas, Atletik Sumbar tak Lagi Mengandalkan “Usain Bolt” Indonesia


Namun, di PON kali ini Sumbar tak lagi menggantungkan harapan emas kepada sprinter Yaspi Boby.

Yaspi Boby, sprinter yang menyumbang 2 emas untuk Sumbar di PON 2016. (foto: cnn indonesia)

Dibaca : 1.5K

Padang, prokabar – Atletik menjadi salah satu andalan Sumatra Barat untuk mendulang medali emas pada PON XX 2021 Papua, Oktober mendatang. Namun, di PON kali ini Sumbar tak lagi menggantungkan harapan emas kepada sprinter Yaspi Boby.

Yaspi adalah peraih dua medali emas di PON XIX 2016 Jawa Barat di nomor bergengsi, lari 100 dan 200 meter putra. Yaspi yang mencatat waktu 10.36 detik saat meraih emas PON Jabar, dengan usia yang kini 32 tahun bakal menghadapi tantangan berat mempertahankan medali emasnya.

Pria asal Sijunjung yang pernah dijuluki Usain Bolt-nya Indonesia itu, akan bersaing dengan sprinter muda pemegang rekor nasional yang baru pulang dari Olimpiade, Lalu Mohammad Zochri yang punya waktu terbaik 10,15 detik.

Begitupun untuk lari 200 meter, Yaspi juga cukup berat untuk bersaing dengan Zochri. Waktu Yaspi saat meraih emas PON Jabar 200 meter, adalah 21,02 detik.

Walau begitu, Sumbar masih punya atlet lain yang diprediksi bisa meraih emas atletik. KONI Sumbar menggantungkan harapan kepada dua atlet yang meraih medali emas sat Porwil 2019 lalu di Bengkulu.

Pelatih Atletik Sumbar, Editiawarman menyebutkan dua keping medali emas itu diprediksi dari nomor Dasa Lomba atas nama Fauma Depril Jumra dan di nomor Lontar Martil melalui Rafika Putra.

Fauma selain meraih emas Porwil 2019, juga tampil di Asian Games 2018 dan menempati peringkat tujuh. Saat ini skor terbaik Fauma adalah 6700. Jika bisa menembus angka 7000 di PON Papua, peluang medali emas sangat terbuka. Rekor Nasional Dasa Lomaba saat ini adalah 7013 atas nama Julius Uwe.

Sementara itu, Rafika Putra juga menjadi harapan Sumbar mendulang medali emas di nomor Lontar Martil. Rafika adalah pemegang emas Porwil 2019 dan Kejurnas Atletik senior 2019.

Pada PON XX nanti Sumbar mengirimkan 14 orang atlit dan empat orang official. Diantara nama itu terdapat nama-nama senior berpengalaman yang sudah pernah turun di PON, seperti sprinter putri Lusiana Satriani, juga ada Hamdan Sayuti,, Ramadona dan lain-lainnya.

Atletik akan digelar di Stadion Mimika yang barus rampung pembangunannya. Venues megah berkapasitas 3500 penonton ini berada di Mimika Sport Complex.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top