Bola

Sepakbola akan Seperti Futsal, Satu Babak 30 Menit Bersih dan Kick In Jika Bola Keluar


Organisasi sepakbola dunia, FIFA tengah melakukan eksperimen yang sangat ekstrim, dan kalau terwujud akan menjadi perubahan aturan sepakbola terbesar sepanjang sejarah dan sepakbola akan mirip dengan futsal.

Lemparan ke dalam dalam sepakbola, akan diganti dengan kick in. (foto: reuters)

Dibaca : 3.9K

Padang, prokabar – Organisasi sepakbola dunia, FIFA tengah melakukan eksperimen yang sangat ekstrim, dan kalau terwujud akan menjadi perubahan aturan sepakbola terbesar sepanjang sejarah dan sepakbola akan mirip dengan futsal.

Disebutkan ada lima eksperimen yang yang akan diuji coba FIFA. Dalam laporan Mundo Deportivo, dikutip dari Sport Bible, tim U-19 dari PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge terlibat dalam proyek eksperimen aturan baru FIFA.

Eksperimen ini masih jauh dari kepastian perubahan, namun sudah jadi perbincangan hangat di kalangan pelaku dan penggemar sepakbola. Banyak protes yang beredar di media sosial seiring munculnya ide eksperimen ini oleh FIFA.

Berikut lima aturan baru yang sedang diuji coba FIFA:

1. Satu Babak 30 Menit
FIFA tengah menguji coba untuk membuat satu babak dalam laga sepak bola menjadi hanya 30 menit. Dengan demikian, durasi satu pertandingan hanya bakal makan waktu selama satu jam. Andai aturan ini terealisasi, ini adalah perubahan paling signifikan dalam sejarah peraturan sepak bola.

2. Waktu Berhenti Saat Bola Keluar
Berkaitan dengan point satu, meski waktu diperpendek jadi 30 menit satu babak, namun aturan penyertanya adalah waktu berhenti saat bola keluar lapangan.

Dengan demikian, waktu 30 menit tiap babak adalah waktu bersih seperti halnya yang ada di futsal atau bola basket. Selama ini, 45 menit waktu sepak bola adalah waktu ‘kotor’ karena detik terus berjalan ketika bola keluar atau ada pemain yang cedera.

Kompensasi dari hal tersebut biasanya ada lewat tambahan menit di masa injury time, yang rentangnya berkisar antara 1-5 menit, atau di atas lima menit bila ada insiden yang makan waktu lama.

3. Tak Ada Batas Pergantian Pemain
Bila selama ini pergantian pemain di sepak bola hanya tiga, menjadi lima ketika pandemi covid-19, dalam eksperimen ini disebutkan tidak ada batas pergantian pemain.

Dengan kondisi tersebut, klub yang punya kedalaman tim mumpuni bakal diuntungkan lantaran mereka bisa memainkan seluruh pemain berkualitas di skuad mereka.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top