Daerah

Rawan Banjir, Minim Solusi di Perumnas Belimbing


Kondisi rawan banjir ini sudah berlangsung 15 tahun lamanya

Dibaca : 778

Padang, Prokabar — Kawasan jalan Manggis menjadi satu dari beberapa jalan di Perumnas Belimbing yang kerap tergenang banjir jika hujan deras mengguyur kota Padang dan kawasan hulu di perbukitan bukit barisan.

“Banjir memang kerap terjadi karena drainase jalan manggis 12 hingga manggis 16 terlalu kecil,” sebut Ani, warga jalan Manggis Raya.

Sementara ketua RT 04/12 kelurahan Kuranji menyebut, banjir terjadi di beberapa ruas seperti jalan manggis 12, manggis 13, hingga jalan manggis 16.

Kondisi ini telah terjadi tak kurang 15 tahun lamanya. Penyebabnya beragam, mulai dari saluran air atau drainase yang kecil, hingga diperlukannya pembenahan. Salah satunya pada bandar atau aliran anak sungai dari batang Kuranji.

Warga pun sudah sempat melakukan perbaikan secara swadaya namun belum mendapatkan hasil maksimal, dan air tetap masuk ke sebagian rumah warga, saat hujan deras mengguyur kota Padang satu hingga dua jam saja.

“Perbaikan berupa pembenahan memang harus di sepanjang bandar yang berlokasi dekat jalan manggis satu,” sebut Gusniati Ketua RT.

Hal yang sama juga disampaikan Lurah Kasma Efendi yang menyebut, memang pembenahan tidak hanya bisa dilakukan sporadis, namun langsung ke bagian hulu, sehingga dapat meminimalisi debit air.

Sementara anggota DPRD Padang dapil Kuranji-Pauh, Muzni Zen melihat solusi banjir di Jalan Manggis ini adalah Pemko Padang harus turun tangan dengan mengajukan dana dekon ke Kementerian PUPR, dan dana itu biasanya tersedia.

Alokasi pembenahan harus dilakukan mulai dari bukik napa dan atau di kawasan simpang akhirat, perkirakan dibutuhkan tak kurang 10-15 miliar, dan keaktifan Pemko Padang dengan mengajukan ke kementerian jadi solusi penanganan banjir di jalan manggis sangat ditunggu.

“Karena kalau hanya mengandalkan pokok-pokok pikiran dari anggota DPRD Padang cukup sulit,” sebut anggota DPRD tiga periode tersebut. (adh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top