Daerah

Tingkatkan Pelayanan, PT KAI Tertibkan Aset Sekitar Stasiun Lubuk Alung

Dibaca : 983

Lubuk Alung, Prokabar – PT Kereta Api Indonesia (KAI) lakukan penertiban aset di sekitaran area Stasiun Lubuk Alung, Rabu (5/8). Hal itu dilakukan demi peningkatan pelayanan kepada penumang KA, pasca dioperasikan kembali KA Sibinuang relasi Padang-Naras di masa pandemi Covid-19 mulai 1 Agustus 2020.

Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, Insan Kesuma melalui Kepala Humas Divre II, M. Reza Fahlepi mengatakan peningkatan pelayanan itu berupa penambahan fasilitas hingga perbaikan bangunan di beberapa stasiun KA di wilayah Divre II Sumatera Barat.

“Stasiun Lubuk Alung merupakan salah satu stasiun pemberangkatan yang dilalui KA Sibinuang. Saat ini kondisi bangunan di stasiun tersebut sudah tua dan tidak pernah dilakukan renovasi, fasilitas pendukung yang terdapat di stasiun Lubuk Alung pun tidak lengkap dan tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) seperti tidak adanya musholla dan ruang ibu menyusui, ruang tunggu yang sempit dan kondisi bangunan yang terdesak dengan pasar sehingga akses keluar masuk calon penumpang terganggu dan terkesan kumuh,” kata Reza.

Selain itu juga, penumpang KA dari dan/atau tujuan ke Stasiun Lubuk Alung juga meningkat sehingga perlu dilakukan rencana pengembangan dan/atau renovasi secara keseluruhan terhadap bangunan stasiun tersebut yang berdampak terhadap bangunan-bangunan di sekitarnya untuk dilakukan penertiban aset.

Dia menyampaikan bahwa penertiban aset di Stasiun Lubuk Alung ini merupakan upaya PT KAI dalam meningkatkan pelayanan bagi calon penumpang KA serta merupakan dukungan pengimplementasian surat edaran Menteri BUMN Nomor : SE-09/MBU/2009 tanggal 25 Mei 2009 terkait Penertiban Terhadap Aset Tanah dan Bangunan Badan Usaha Milik Negara.

“Tujuan dilakukan penertiban atau pengosongan lahan terhadap 78 petak kios yang berada di sekitar Stasiun Lubuk Alung ini adalah untuk mendukung rencana pengembangan dan/atau renovasi bangunan Stasiun Lubuk Alung demi meningkatan pelayanan kepada penumpang kereta api di Stasiun Lubuk Alung,” ujarnya.

Halaman : 1 2 3

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top