Daerah

Menakar Penyebaran Corona di Pasaman Melalui Pool Test, Seribu Lebih Warga Test Swab

Dibaca : 461

Pasaman, Prokabar — Pemerintah Kabupaten Pasaman ikut melaksanakan pool test covid-19. Dimana, pool test itu sendiri ialah sebuah metode

Dengan pendekatan multistage random sampling, ditambah dengan pendekatan epidemiologi, statistik, dan survei terhadap sebuah daerah untuk mengetahui sejauh mana masyarakatnya terjangkit virus corona atau tidak.

Pool test dengan Swab ini baru dilaksanakan dengan target seribu lebih warga Pasaman yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di daerah itu.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melalui Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Pasaman, Rahadian Suryanta Lubis mengatakan, pelaksanaan pemeriksaan pool tes swab ini untuk mengetahui jumlah insiden covid-19.

“Pelaksanaan pemeriksaan pool tes Swab ini dilakukan secara random dengan kajian epidemiologi yang dihitung oleh pakar epidemiologi nantinya,” terang Rahadian Suryanta Lubis, Kamis (11/6).

Rahadian menyampaikan hasil perhitungan pakar epidemiologi dari 311 ribuan masyarakat Kabupaten Pasaman didapatlah sampel sebanyak 1.493 orang yang akan dilakukan pemeriksaan pool tes Swab.

“1.493 orang sampel ini tersebar 12 daerah Kecamatan dan 37 Nagari se-Pasaman,” tambah Rahadian Suryanta Lubis.

Ia menyebutkan, pelaksanaan pemeriksaan pool tes Swab ini perdana dilakukan hari ini terhadap warga Kecamatan Simpati yang dites di Puskesmas Simpati.

“Untuk Kecamatan Simpati ada 73 orang yang kita lakukan pemeriksaan pool tes Swab hari ini. Pemeriksaan pool tes swab ini akan terus berlanjut hingga semua sampel selesai diperiksa se Pasaman,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top