Daerah

Polres Agam Lakukan Pembinaan Disiplin Di SMKN 1 Tanjung Raya

Dibaca : 1.2K

Agam, Prokabar — Pendidikan kedisiplinan pada siswa terus berlanjut intensif di SMK Negeri 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Selain melaksanakan pengelajaran kurikulum Narkoba Bahaya Laten Bangsa, Polsis atau Polisi Siswa sebagai Pam Swakarsa juga sangat membantu pembentukan karakter siswa.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Raya, Muhammad Hidayat dan KBO Satbinmas Polres Agam, Iptu Akhiruddin kepada Prokabar.com, Rabu (4/9) kemarin. Kerjasama tersebut sangat membantu pelajar dalam memahami pentingnya kedisiplinan dan berprilaku teladan.

“Polsis sebagai Pam Swakarsa di lingkungan Internal Sekolah. Bertugas sebagai perpanjangan tangan Guru, dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah pada jam sekolah,” ungkap Iptu Akhiruddin.

Selain melakukan pengaturan di depan gerbang sekolah jam masuk dan keluar sekolah juga membantu menyeberangkan siswa lainnya. “Mereka juga ditugaskan mencatat dan menertibkan siswa-siswi telat masuk sekolah. Mengamankan pelaksanaan Upacara Bendera beserta kegiatan lainnya di sekolah,” lanjut KBO Satbinmas Polres Agam tersebut.

Ketua Harian Perbakin Agam itu juga menjelaskan hal paling utama dari Polsis adalah, manjadi pelopor dan contoh dari kedisiplinan siswa. “Mereka adalah orang-orang pilihan yang akan memberi contoh teladan akan kedisiplinan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Raya, M. Hidayat menambahkan, kegiatan pembinaan rutin Ekstrakulikuler Polsis, dilaksanakan sekali seminggu, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Jumlah siswa peserta Ekskul Polsis saat ini sebanyak 40 siswa, putra dan putri, terdiri dari siswa kls X dan XI,” terangnya.

Materi yg diberikan kepada siswa seperti pelatihan Pasukan Baris Berbaris atau PBB. Dengan tujuan pembentukan phisik dan sikap mental. Siswa juga mendapat pengetahuan tetang Pamswakarsa, pengetahuan kamtibmas, pengetahuan peraturan lalulintas, TPTKP serta hal dianggap penting lainnya terutama perundang undangan.

“Hasil yang dicapai pada siswa adalah anggota Polsis punya sikap tampang dan mental yg bagus. Mampu melakukan pengaturan Lalin , khususnya di depan sekolah. Mereka mengerti apa yang dimaksud dngan Pam Swakarsa,” pungkas M. Hidayat. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top