Daerah

Serangan DBD Mengganas, Dinkes Pasaman Turung Tangan

Dibaca : 280

Pasaman, Prokabar — Dinas Kesehatan Pasaman, langsung bergerak menanggapi tingginya angka pasien terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Beberapa tim langsung diterjunkan untuk melakukan pengasapan di daerah yang masyarakatnya banyak terjangkit DBD. Salah satunya di Kampung Sorik, Jorong Sentosa, Nagari Panti, Kecamatan Panti.

“Alhamdulillah pengasapan atau fogging telag kami lakukan di beberapa titik rawan serangan DBD. Ini merupakan bentuk antisipasi kami dari pihak dinas, untuk meminimalisir serangan kelanjutan oleh penyakit yang cukup mematikan ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Arnida didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ihsan Siregar.

Diakui Arnida, sebelum fogging dilakukan, bila ada kasus DBD, tim langsung bergerak cepat melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE). Ini dilakukan untuk mencari tempat atau sumber perkembang biakan nyamuk aedes aegepty penyebab DBD di sekitar lingkungan tempat tinggal penderita.

“DBD ini bukan masalah sepele, harus bekerjasama dalam membasminya. Untuk itu kami sangat mengharapkan kepada masyarakat untuk rutin melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan gotong-royong membersihkan lingkungan tempat tinggal. Misalnya, mengubur wadah yang bisa menampung air tempat berkembang biak nyamuk itu, termasuk menguras bak mandi,” tukas Ihsan.

Di sisi lain, sebelumnya tercatat di RSUD Lubuk Sikaping, sebanyak 28 orang pasien menjalani perawatan atas serangan DBD sejak Juli hingga Agustus ini. Semuanya tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Pasaman. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top