Daerah

40 Orang Pemandu Wisata Lokal Mendapat Pelatihan dari Pemkab Agam

Dibaca : 1.8K

Lubuk Basung, Prokabar – 40 orang permandu wisata lokal se-kabupaten Agam mendapat pelatihan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam. Kegiatan berlangsung 3 hari dari Senin hingga Rabu (1 hingga 3 Juli 2019) tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan tour guide local tersebut dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan.

Dalam kesempatan tersebut mereka berkesempatan berkunjung ke Destinasi Wisata Banto Royo, sebagai lokasi kunjungan study kooperatif. Kebetulan joe selaku Manager dan Dian A. Razzaq Iras selaku pengelola Banto Royo berkesempatan ikut dalam pelatihan tersebut.

Menurut Dian selaku peserta sekaligus pengelola Banto Rayo, kegiatan tersebut sangat bermanfaat kepada semua pihak. Rata-rata peserta merupakan pemandu wisata lokal yang ada di Kabupaten Agam. Kegiatan tersebut juga sebagai ajang silahturahmi dan tukar pikiran dalam pengembangan wisata nantinya. “Kami sangat mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Agam yang telah memberikan kesempatan dan pertemuan tersebut. Selain menambah ilmu, juga dapat menjalin komunikasi sesama pelaku wisata,” ungkapnya saat mengikuti pelatihan tersebut.

Sementara itu, Yosefriawan, Asisten II Pemerintah Kabupaten Agam mewakili Bupati mengatakan pemandu wisata atau pramuwisata atau tour guide merupakan ujung tombak dari pariwisata di setiap daerah. Pasalnya, merekalah pelaku utama yang berhadapan langsung dengan wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi wisata. “Kami berharap dengan pelatihan ini akan ada umpat balik, sehingga pariwisata semakin lebih baik di masa akan datang,” terang Mantan Kadishub Agam tersebut.

Staf Ahli Bupati Agam, Erniwati saat penutupan kegiatan mengatakan, baik atau buruknya sebuah destinasi wisata maupun pariwisata di suatu daerah ditentukan oleh pelaku wisata. Dimulai dari supir bus, tour guide, pengelola wisata beserta seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah. Sedangkan Tour guide terbagi 3 pelaku. Yakni pemandu wisata dari agen tour, pemandu wisata lokal di setiap destinasi dan ada pula Tour Leader. Ketiga komponen ini satu-kesatuan dalam menjalankan sebuah kunjungan dari suatu peristiwa pariwisata. “Kita sangat berharap mereka pelaku wisata ini benar-benar memiliki kemampuan dan wawasan yang sangat luas dan paham dengan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Mereka juga harus memiliki kemampuan pelayanan prima, sehingga wisatawan sangat nyaman, aman, tertip dan ramah dalam melayani,” ujarnya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top