Daerah

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ini Nagari di Pessel, Ikut Laksanakan Balimau Paga

Dibaca : 455

Pessel, Prokabar – Besok sembilan Nagari yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menyelenggarakan tradisi ‘Balimau Paga’ dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Bupati Pessel, Hendrajoni menyatakan, besok Minggu (5/5) sembilan nagari direncanakan akan mengikuti acara ‘Balimau Paga’ di helat di Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai.

Kesembilan nagari yang melaksanakan acara balimau paga tersebut, akan dihadiri oleh pejabat pemerintah setempat.

Berikut nagari yang melaksanakan acara ‘Balimau Paga’ yakni, Nagari Taratak Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan, diwakili oleh Kasat Pol-PP dan Pemadam Kebakaran. Sedangkan di Nagari Mandeh bupati diwakili Kepala Dinas Perikanan.

Acara Balimau Paga di Nagari Bungo Pasang diwakili oleh Kepala Dinas Pangan, sementara di Batang Kapas diwakili Kepala Bapeda Litbang.

Untuk acara Balimau Paga di Nagari Lakitan Utara, Kecamaran Lengayang, mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Selanjutnya, Balimau Paga di Nagari Palangai Kecamatan Ranah Pesisir,
diwakili Kepala Dinas Perhubungan dan menghadiri acara Balimau paga di Nagari Inderapura Kepala Dinas Koperindag.

Dikatakan Hendrajoni, acara Balimau Pada tersebut bertujuan untuk mensucikan diri dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, juga dimaksud untuk mempererat tali silaturahmi.

Selian itu, Hendrajoni juga memberikan apresiasi kepada ninik mamak dan masyarakat yang telah konsisten melestarikan budaya ‘Balimau Paga’ dalam menyambut bulan suci ramadhan.(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top