Daerah

Awal Maret Ini Dua Puskesmas di Padang Buka Layanan Kesehatan Hingga Malam

Dibaca : 2.3K

Padang, Prokabar — Mulai hari ini Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pauh, Padang akan memulai layanan kesehatan hingga malam, selain itu Puskesmas Pembantu (Pustu) Filano di Parak Karakah juga akan memberlakukan layanan yang sama.

Kepala Puskesmas Pauh, dr Muhammad Fardhan mengungkapkan bahwa salah satu alasan pihaknya membuka layanan kesehatan hingga malam karena lokasi puskesmas pauh yang berada dikawasan perkotaan yang padat penduduk.

“Mobilitas penduduk disini cukup cepat. dengan jumlah penduduk di kecamatan  pauh sekitar 71 ribu, sementara kapitasi puskesmas cuma 27 ribu. Sehingga masih ada 44 ribu lg masyarakat yang bukan kapitasi puskesmas. Dari jumlah tersebut banyak tersebar di klinik-klinik sekitar wilayah pauh.” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan dibukanya layanan pagi hingga malam akan menambah kapitasi puskesmas, yang ujung-ujungnya akan meningkatkan pendapatan puskesmas.

Saat ini puskesmas pauh melayani kunjungan hingga 200 perhari, sehingga sering menyebabkan antrian yang panjang sehingga masyakat lama mendapatkan layanan.

Untuk layanan sore pihaknya lebih difokuskan pada pelayanan Poli umum, Poli lansia, Poli ibu dan Poli anak. “Sementara untuk poli gigi dan poli KB masih layanan pagi saja,” tutupnya. 

Sementara itu Kepala Puskesmas Andalas dr. Mela Aryati mengatakan bawah Puskesmas Filano merupakan Puskesmas pembantu (Pustu) pertama yang buka layanan kesehatan hingga malam.

“Pustu Filano mulai hari ini akan melayani masyarakat sampai malam, hingga pukul 20.00 wib dengan satu orang manajer,” ungkapnya, Jumat (1/3).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, salah satu alasan Pustu Filano mulai layanan malam karena dikawasan tersebut nyaris sepertiga masyarakat Padang Timur bermukim selain itu lokasi Puskesmas Andalas juga cukup jauh dari kawasan tersebut.

“Disana padat penduduk dan mayoritas sebagian besar pegawai yang pulangnya sore, sehingga selama ini kebanyakan masyarakat disana berobat ke klinik swasata yang tentunya lebih mahal. Dan jika mau ke Puskesmas utama, jaraknya cukup memakan waktu,” jelasnya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top